Darmizal Dikabarkan Bakal jadi Jurkam Jokowi-Ma'ruf Amin

Ketua umum ReJo HM Darmizal MS
Jakarta, PenaOne - Nama HM Darmizal MS salah satu pendiri Partai Demokrat disebut-sebut menjadi salah satu juru kampanye (jurkam) pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Masuknya nama Darmizal yang sejak 6 Mei 2018 lalu mendeklarasikan berdirinya Relawan Jokowi (Rejo) diduga kuat ingin menggerus suara kader Partai Demokrat diberbagai daerah agar memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meski DPP Partai Demokrat telah memilih mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Orang dekat Jokowi saat berbincang dengan Redaksi PenaOne.com Senin (13/8/2018) menyebut, ada beberapa nama tokoh yang akan dijadikan jurkam saat Pilpres nanti.

"Ada salah satunya itu (Darmizal-red). Namun, nama-nama itu terus digodok bersama partai koalisi pendukung Jokowi," katanya sembari agar identitasnya dirahasiakan.

Dalam Pilpres tahun 2014 lalu Darmizal bersama mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Joko Santoso mendukung Prabowo yang saat itu menggandeng Hatta Rajasa sebagai wakilnya tergabung di Relawan Joksan Center. Namun, mantan Pimpinan Komisi Pengawas (Komwas) Partai Demokrat itu kini lebih memilih menjadi Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) di Pilpres 2019.

Pilihan Darmizal untuk berjuang menghantar Jokowi dua periode, selain sesama alumnus UGM juga karena Darmizal melihat sosok Jokowi dan keluarganya adalah muslim yang taat. Selain itu, Darmizal juga melihat sosok Jokowi terlahir dari keluarga harmonis yang dapat menjadi tauladan bagi seluruh rakyatnya. Akhirnya, Darmizal pun telah melakukan Tabayyun untuk keyakinannya tersebut.

Berikut profil singkat HM Darmizal MS:

Darmizal lahir di Sulit Air 6 September 1963 dan menikah dengan Istrinya bernama Hj Minarmi. Dalam perkawaninanya Darmizal dikaruniai empat orang putra-putri. Anak pertama Darmizal bernama Renata Ikayathy, SH, anak kedua bernama Andry Prasetya, SE, MBA. Sedangkan anak ketiga yakni Annisa Pricilla Listiani, SKom dan Reynaldi Kurniawan (semester 5 FE UI) sebagai anak keempat.

Riwayat Pendidikan:

Darmizal mengenyam pendidikan di SD Negeri 10 Sulit Air, SMP Persamaan Padang, Sekolah Teknik Negeri 2 Solok, SMA Yayasan Pendidikan Islam Padang, Fakultas Pertanian Ekasakti Padang, Magister Humaniora Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM Jakarta, Magister Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Program Doktoral Ilmu Sosial Universitas Pasundan Bangung.

Organisasi:

Tahun  2005 Wasekjen DPP Partai Demokrat
Tahun 2004 Ketua Umum Relawan SBY-JK
Tahun 2009 Ketua Umum Relawan SBY-Budiono
Tahun 2014 Ketua Relawan Prabowo Hatta-Joksan Center
Tahun 2016 Wakil Bendahara Umum ICMI Pusat
Tahun 2015 Ketua II Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)
Tahun 2015 Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat
Tahun 2018 Ketua Umum RèJO (Relawan Jokowi)

(tan/yus)