Gaji Guru Tiga Kabupaten Sulbar Belum Dibayar

Ilustrasi 

Mamuju, PenaOne - Honorarium atau gaji ribuan guru tidak tetap (GTT) di tiga Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yakni di Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa dan Kabupaten Pasangkayu berbulan-bulan hingga Agustus 2018 ini belum dibayar.

"Ini menjadi salah satu poin tuntutan kami ke DPRD Provinsi, bahwa gaji GTT di tiga kabupaten itu hingga kini belum dibayar," kata perwakilan GTT Sulbar, Awaluddin Hercules di Mamuju, Senin.

Menurut keterangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulbar, katanya, gaji atau upah GTT di tiga Kabupaten tersebut belum dibayarkan karena tidak tersedianya anggaran pemerintah.

"Yang sudah dibayarkan hanya gaji guru PTT (pegawai tidak tetap) di Kabupaten Majene Mamuju dan Mamuju Tengah," ujarnya.

Dia berharap pemerintah dan DPRD Sulbar segera mencarikan solusi atas belum dibayarkannnya gaji guru GTT tersebut, mengingat mereka sudah bekerja mengajar di sekolah.

Dikabarkan dari hampir 3.000 guru GTT di Sulawesi Barat, baru 925 yang sudah dibayarkan. Menurut Awaluddin, yang paling memprihatinkan guru GTT di Kabupaten Mamasa yang sudah 18 bulan bekerja namun belum menerima upah.
Dia berharap DPRD Sulbar memanggil pemerintah provinsi untuk menyelesaikan gaji guru yang belum dibayar itu. "DPRD Sulbar melalui Wakil Ketua, Arman Salimin akan membantu menyelesaikannya," katanya. (Antara)