Ini Kata Ketua DPR Soal Krisis Air di Gunung Kidul dll

Bambang Soesatyo
Jakarta, PenaOne - Ketua DPR Bambang Soesatyo angkat bicara soal sejumlah wilayah di Indonesia yang masih mengalami krisis air bersih, seperti di Gunung Kidul (Yogyakarta), Kuningan, Parung (Bogor), Kalimantan Selatan, Lamongan, Banten, Cirebon, dan Cidahu (Sukabumi).

Krisis air bersih itu kata Bamsoet sapaan akrabnya, berdampak pada sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari maupun terhadap produksi pangan.

Untuk Ketua DPR mendorong Komisi IV DPR dan Komisi VIII DPR meminta Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Pertanian Daerah untuk segera merealisasikan pembangunan embung atau danau buatan yang sudah direncanakan pemerintah sebagai sarana atau solusi dalam menghadapi kekeringan dan musim kemarau serta memberikan bantuan air bersih dan menyediakan pompa air untuk irigasi.

"Mendorong Komisi IV DPR meminta Kementan untuk mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) agar segera melakukan pemetaan terhadap wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan serta mencari solusi, guna melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi permasalahan tanah puso dan krisis air bersih di setiap daerah," ujarnya dalam siaran pers Senin (13/8/2018).

Dirinya juga mendorong Komisi IV DPR meminta Kementan didampingi oleh Pemda untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada petani mengenai lahan yang dimiliki, sehingga petani dapat menanam jenis tanaman sesuai dengan kondisi lahan yang ada, serta mempersiapkan alat pompa di lahan-lahan yang masih memiliki potensi air.

"Mendorong Komisi VIII DPR meminta BPBD untuk terus memantau wilayah-wilayah yang terdampak musim kemarau serta memastikan selalu membantu kebutuhan air di sejumlah daerah tersebut dengan mengirimkan bantuan air bersih, mengingat permintaan air bersih dari masyarakat juga mengalami peningkatan," jelasnya.

Kita juga mendorong Komisi II DPR, Komisi IV DPR, Komisi V DPR, dan Komisi VII DPR meminta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan kajian dan inovasi terhadap masalah krisis air yang selalu melanda lahan pertanian ketika musim kemarau datang, serta memetakan daerah-daerah yang tidak memiliki air bersih dan memperbaiki sistem irigasi, dan saluran-saluran, sehingga masalah tersebut dapat teratasi dan tidak terjadi kembali.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan air seperlunya serta membuat sumur resapan untuk menjaga kondisi air tanah agar tidak mengalami kekurangan air. (soet/zal)