Jabatan Dandim 0501/JP Diserahterimakan

Upacara sertijab Dandim 0501/JP @foto Ist
Jakarta, PenaOne - Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 0501/JP BS dari Kolonel Inf Edwin Adrian Sumanthan kepada Letkol Inf Wahyu Yudhayana dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya, Mayjen TNI Supriyanto, di Makodim 0501/JP, Jalan Selaparang Blok B, Kav 2, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018).

Menurut Supriyanto, Kodim 0501/JP BS Kodam Jaya merupakan Kodim yang mempunyai kekhususan karena berdiri sendiri. Dimana komando dan pengendaliannya langsung di bawah Pangdam Jaya.

"Kodim ini memiliki wilayah yang menjadi pusat pemerintahan negara, tempat lembaga tertinggi dan tinggi negara serta kedudukan perwakilan negara-negara sahabat. Tentunya mengandung potensi kerawanan yang sangat besar," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Supriyanto, ia berpesan kepada Dandim 0501/JP BS yang baru harus senantiasa meningkatkan prajuritnya dalam kemampuan temu cepat dan lapor cepat. Agar mampu mendeteksi dini perkembangan situasi di wilayahnya.

"Dandim juga harus dapat terus meningkatkan komunikasi sosial  dialog dengan segenap instansi dan komponen masyarakat lainnya," pesannya.

Supriyanto pun memberikan selamat kepada Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha dan keluarga yang mendapatkan tugas baru sebagai Adc Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

"Semoga di tempat yang baru dapat lebih sukses," ucapnya.

Sementara Dandim 0501/JP, Letkol Wahyu Yudhayana sebelumnya telah menyatakan kesiapannya menerima jabatan ini. Ia pun telah belajar banyak dari Kolonel Inf Edwin terkait Kewilayahan Jakarta Pusat.

"Saya sudah berdiskusi dan belajar dari Kolonel Inf Edwin tentang dinamika dan kondisi di Jakarta Pusat. Seperti masalah keagamaan, ormas, tiga pilar hingga LSM. Tapi tetap akan mengikuti SOP yang ditentukan atasan," ujarnya.

Untuk tahap awal, Wahyu akan berkonsolidasi internal Kodim dan melanjutkan program-program positif dari Kolonel Inf Edwin. Sedangkan untuk komunikasi luar, penekanan dan penguatan tiga pilar akan menjadi prioritas. Pertemuan dengan Kapolres, Wali Kota dan tokoh masyarakat serta tokoh agama akan dilaksanakan.

"Kita lakukan secara bertahap. Yang jelas Asian Games, Pilpres dan Pileg tetap menjadi fokus kami," tandas mantan Wadan Grup D Paspamres ini.

Pejabat yang hadir pada acara serah terima dan tradisi korps Dandim 0501/JP BS Kodam Jaya, Kasdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, para Kabalakdam Jaya, para Dandim se-jajaran Kodam Jaya, Para Danyon se-jajaran Kodam Jaya dan Ketua Persit PD Jaya beserta pengurus Persit PD Jaya.

Yang bertindak sebagai Komandan upacara Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmum, S.I.P dan sebagai saksi saat penanda tanganan Pakta Integritas Asintel Kasdam Jaya Kolonel Inf Zainul Bahar dan Aspers Kasdam Jaya Kolonel Arh Tri Sugiyanto, S.Sos. Sementara Waka Bintaldam Jaya Letkol Inf Drs. Abdul Qohar, M.Si sebagai Rohaniawan saat pengambilan sumpah jabatan Letkol Inf Wahyu Yudhayana sebagai Dandim 0501/JP BS Kodam Jaya. (sus/andik)