Lagu Papua & Kalsel Menggema di Peringatan HUT RI di Mesir


Abdurrahman Sabran (kiri) @dok KBRI Cairo
Cairo, PenaOne - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo menggelar upacara untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 RI di halaman KBRI Cairo, 17 Agustus 2018 pukul 08.25.

Upacara dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Cairo Abdurrahman Sabran. Selain staf KBRI, upacara juga diikuti guru dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC), mahasiswa dan WNI yang tinggal di Mesir.

Sedangkan satu peleton paskibra yang bertugas mengibarkan bendera berasal dari gabungan pelajar Indonesia yang studi di SIC dan Ma’had Al Azhar Mesir. Khusus untuk paduan suara, KBRI Cairo melibatkan puluhan pelajar dari SIC.

Abdurrahman Sabran berfoto bersama dengan Paskibra di KBRI Cairo
Selain lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua, tim paduan suara juga menyanyikan lagu daerah ‘Ampar-Ampar Pisang’ dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Saat menyanyikan lagu daerah, siswa SIC juga memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung.

Alhasil, perpaduan bunyi angklung dengan dua lagu daerah yang dibawakan pun terdengar apik. Upacara sendiri berlangsung selama 40 menit.

Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara tasyakuran. Dalam acara ini diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang  digelar dalam rangka memperingati proklamasi.

Foto @KBRI Cairo
Perlombaan tersebut antara lain lomba bowling, bulutangkis, sepak takraw, catur, tenis meja, serta permainan khas peringatan HUT RI, seperti tarik tambang dan balap karung. Selain pemotongan tumpeng, acara tasyakuran juga diwarnai dengan doa bersama untuk para korban gempa bumi yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Semoga perayaan ini bisa menumbuhkan semangat bagi generasi muda kita di sini untuk menjaga kesatuan, keutuhan, dan keberagaman Indonesia di masa mendatang,” kata Abdurrahman Sabran. (lis/gah)