Pak Presiden, Tolong Wujudkan Pembangunan Menara Haji Indonesia

Erman Suparno
Jakarta, PenaOne - Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Dr Erman Suparno berharap Peresiden Joko Widodo atau Jokowi dapat mewujudkan hadirnya Menara Haji Indonesia atau Hajj Tower Indonesia.

Mantan Menteri Tenaga Kerja Indonesia (TKI) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, meyakini kedekatan Presiden Haji Jokowi dengan ulama, habaib dan santri atau Ummat Islam keseluruhan adalah satu hal yang sangat membanggakan sekaligus memberi harapan yang mencerahkan untuk kehidupan yang lebih baik. Sekaligus jawaban bahwa Jokowi adalah Presiden untuk seluruh rakyat Indonesia, Presiden yang membangun untuk kemakmuran bangsa Indonesia.
Ilustrasi Menara Haji Indonesia
Menurutnya, Menara Haji Indonesia dapat berfungsi sebagai rumah besar ummat Islam  Indonesia. Selain itu kata Erman, Menara Haji Indonesia juga sebagi pusat pengembangan dakwah, sarana pameran usaha ummat, perkantoran, auditorium atau convention hall, sarana pendidikan dan pengembangan bisnis syariah," kata Erman Suparno di gedung IPHI Jalan Tegalan No 1, Matraman, Jakarta Timur Senin (6/8/2018).

Masih menurut Ketua Yayasan Haji Sepanjang Hayat ini gagasan untuk mendirikan Menara Haji Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu. Namun, terdapat beberapa kendala sehingga gedung Menara Haji Indonesia itu belum bisa terwujud hingga saat ini.

"Cita-cita mulia ini bisa terealisasi dengan semangat yang kuat atau political will dari Pemerintah atas nama kemasalahatan ummat dan tentu saja karena ridho Allah semata. Kami yakin atas hal tersebut," jelasnya.

Untuk di Arab Saudi jelasnya, kita juga akan membangun Menara Haji Indonesia. Namun, hanya penamaannya saja berbeda.

"Di Arab Saudi kita beri nama Nusantara Tower," tegasnya.

Landasaran teoritisnya adalah, jumlah jemaah haji dari Indonesia merupakan terbesar di dunia dan selalu bertambah dalam setiap tahunnya. Tahun ini saja, kata dia, jemaah haji dari Indonesia yang berangkat sekitar 250 juta yang setara 1 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

"Dan sampai saat ini, jumlah jamaah haji yang terdaftar sebagai anggota IPHI sudah lebih dari 7 juta," jelasnya.

Ketua umum RèJO atau Relawan Jokowi, HM Darmizal MS.l memberikan apresiasai positif menanggapi rencana berdirinya Menara Haji Indonesia. Darmizal mengatakan, bahwa kecintaan Presiden Jokowi kepada bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya  tidak perlu diragukan.

"Beliau membuktikan dengan bekerja sepanjang waktu, seperti berlari tanpa merasa lebih. Dalam 4 tahun mengabdi, kita rakyat sudah dapat merasakan bahkan melihat nyata capapain kinerja pak Jokowi," jelasnya saat dihubungi wartawan.

Lebih lanjut Darmizal meyakini Presiden Jokowi akan memberikan perhatian atas gagasan pembangunan Menara Haji Indonesia itu.

"Saya yakin Presiden akan memerintahkan pihak terkait untuk membuat kajian yang komprehensif. Tinggal membuatkan usulan yang paling logis dan rasional, bahwa pembangunan Menara Haji Indonesia adalah kebutuhuhan dan satu keniscayaan," jelas Darmizal.

Pendiri partai Demokrat ini mengaku pembangunan Menara Haji Indonesia sangat relevan dibangun negara ini.

"Kita bisa lihat betapa megahnya Menara Haji Malaysia di Kuala Lumpur, padahal jamaah haji Malaysia sangat sedikit jika dibanding dengan Indonesia. Kita doakan semoga pembangunan Menara Haji menjadi nyata sebagai rumah besar jamaah haji, calon haji dan ummat," pungkasnya. (sal/nus)