Bupati Bengkalis Disebut-sebut akan Dilaporkan ke Polda Riau



Toro Laila (baju kuning) dan pengacaranya saat diwawancara wartawan. @Ist
Riau, PenaOne - Sejumlah wartawan di Riau yang tergabung dalam Solidaritas Pers Indonesia (SPI) menunjukkan aksi solidaritasnya atas kasus yang menimpa Toro Laia salah satu Pemimpin Redaksi (Pimred) media setempat.

Sejumlah wartawan itu hadir di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru dimana sidang ke 11 Toro Laila saat ini sedang berlangsung.

Toro Laila sebelumnya dilaporkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin ke Polda Riau karena diduga melanggar Undang-undang ITE atas berita yang dibuatnya.

Koordinator Lapangan (Korlap) Feri Sibarani mengaku ada kejanggalan dengan kasus ini. Dimana, lanjutnya, Bupati Amril Mukminin selaku pelapor sejak kasus ini bergulir dipersidangan dirinya tidak pernah hadir di persidangan.

"Ini patut kita pertanyakan kepada majelis hakim, mengapa sejak kasus ini di sidangkan saksi pelapor atau Amril Mukminin tidak pernah hadir dalam persidangan untuk memberikan keterangan. Ini kan aneh. Kita SPI harus terus bergerak untuk menguak semua "permainan" dibalik dugaan kriminalisasi ini," kata Feri di PN Pekanbaru Kamis (27/9/2018).

Menurut Feri, berdasarkan informasi yang dirangkum tim SPI ada indikasi kuat dugaan kejanggalan sejak kasus ini ditangani penyidik Polda Riau.

"Kasus ini terkesan dipaksakan oleh oknum penyidik yang diduga bekerjasama dengan beberapa oknum pengacara dan orang dekat Amril berinisial RZ. Dimana sejak awal kedua orang tersebut berupaya keras membawa kasus Kode Etik Jurnalistik ke ranah pidana, yang konon menyimpang dari aturan dalam UU Pers No. 40 tahun 1999," jelasnya.

Ditempat yang sama, terdakwa Toro Laila mengaku mencium aroma "permainan" yang diduga dilakukan oknum pengacara dan RZ. Bahkan, dirinya berjanji  akan melaporkan kejanggalan ini ke Kapolda Riau, Propam Polda Riau, Irwasda Polda Riau, kemungkinan besar ke Kompolnas, dan Mabes Polri.

"Saya menduga ada kriminalisasi dalam penanganan  kasus ini. Mereka tidak mengindahkan rekemoendasi Dewan Pers," ujarnya.

Menanggapi pernyataan terdakwa Toro Laia tersebut, Feri Sibarani, Ilen, Ismail dan Suriani mengaku sependapat dan akan melaporkan Amril Mukminin ke Polda Riau. (abd/tan)