Giliran Darmin Nasution Puji #SmartEmbassy Singapura

Foto @KBRI Singapura
Singapura, PenaOne - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution mengagumi inovasi digital untuk pelayanan publik dan Diplomasi Ekonomi KBRI Singapura melalui pengembangan #SmartEmbassy.

Hal itu dikatakannya, disela-sela kunjungan kerjanya ke Singapura dalam rangka menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri tahunan untuk 6 Kelompok Kerjasama Ekonomi RI-Singapura.

Dubes RI Singapura  Ngurah Swajaya menjelaskan pembangunan basis data KBRI yg lebih akurat dan real time mengenai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di sektor domestic worker yg terintegrasi dg data nasional di BNP2TKI dan data pelaut yg terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan.

"Disamping itu, KBRI Singapura juga menerbitkan Kartu Pekerja Indonesia Singapura (KPIS) dan Kartu Pelaut Indonesia Singapura (KPIS) yg memungkinkan komunikasi interaktif dg KBRI dalam memberikan pelayanan yg memiliki motto “beyond protection”," katanya dalam siaran pers Sabtu (8/8/2018).

Dalam pertemuan bilateral, kedua pemerintah menempatkan agenda ekonomi digital atau pengembangan starts up sebagai salah satu prioritas mengingat potensi dan peluang yang saling menunjang dan saling menguntungkan dalam kerjasama digital yang antara lain dimulai dengan pengembangan “Nongsa Digital Park” di Nongsa, Batam sebagai jembatan digital Indonesia ke Singapura.

Ngurah Swajaya menjelaskan bahwa pengembangan Smart Embassy dimaksudkan untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mengoptimalkan pelayanan yg lebih cepat, akuntabel dan transparan sesuai perkembangan jaman.

"KBRI juga mendorong pengembangan starts up untuk untik mencapai kesuksesan sebagai tech unicorn, seperti Go Jek, Traveloka dan lain-lain. Kegiatan yg dilakukan mencakup “coding competition” dan “starts up pitching”, termasuk mendorong pengembangan aplikasi e-commerce glexindo untuk peningkatan ekspor, terutama produk UMKM yg juga mendukung “virtual showcase” produk ekspor potensial yang dikembangkan Atase Perdagangan KBRI Singapura," pungkasnya. (sal/iin)