Jelang Musim Hujan, Jaktim Siapkan 36 Mesin Pompa


Jakarta, PenaOne - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur menyiapkan 36 mesin pompa sebagai antisipasi musim hujan. Seluruh kondisi mesin berfungsi normal dan siap dioperasikan.

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Mustajab, mengatakan, ke 36 pompa itu disebar di 10 kecamatan. Kapasitasnya masing-masing ada 75-250 liter per detik.

"Kita siapkan 36 pompa, terdiri dari 22 pompa stationer dan 14 pompa mobile. Kondisinya sangat bagus dan bisa dioperasionalkan saat musim hujan nanti," kata Mustajab, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, sebagian besar pompa stationer maupun pompa mobile disiagakan di daerah sekitar titik rawan genangan. Sehingga saat terjadinya genangan, pompa langsung dapat dioperasionalkan.

"Titik rawan genangan di Jakarta Timur ada sekitar 85 lokasi. Seluruhnya sudah kita antisipasi dengan keberadaan rumah pompa," tandasnya.

Selain itu, ada sekitar 500 pekerja harian lepas (PHL) yang tersebar di 10 kecamatan. Setiap hari mereka menyisir saluran air yang mengalami sedimentasi dan pendangkalan untuk dilakukan pengurasan maupun normalisasi. (bjk/sal)