KBRI Serius Gaet Wisatawan Singapura ke Indonesia, Ini Buktinya


Singapura, PenaOne - Resmi dibuka Garuda Travel Fair (GATF) 2018 di Singapura dibuka dengan menghadirkan 10 agen perjalanan wisata dan promosi menarik paket-paket kunjungan wisata di Indonesia. Bertempat di lokasi perkantoran bergengsi di East Centre, Suntec City Mall, Singapura, pelaksanaan GATF didukung penuh Kementerian Pariwisata dan KBRI Singapura dan berlangsung selama 3 hari (19-21 Oktober 2018).

"Warga Singapura telah menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata mereka bertahun-tahun. Indonesia memiliki banyak ragam destinasi wisata baru, termasuk 10 destinasi baru atau dikenal dengan “10 New Bali” yang menawarkan pengalaman wisata yang berbeda, unik dan mengesankan”, ujar Dubes RI Singapura, Ngurah Swajaya, saat pembukaan GATF dihadapan pengunjung dan agen perjalanan wisata.

GATF ini menawarkan berbagai destinasi dengan promosi yang menarik dan terjangkau menggunakan Garuda Indonesia sebagai jembatan bagi wisatawan dari Singapura, ujarnya dalam siaran pers.

Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya. @KBRI Singapura
“Masing-masing destinasi memiliki keunikan dan dapat di kunjungi untuk liburan pendek maupun panjang. Destinasi yg memberikan pengalaman yg tidak akan terlupakan seperti Toba, Borobudur dan Prambanan, Bromo, Bandung, Belitung dan Labuan Bajo, termasuk Bali dapat didatangi langsung dg penerbangan Garuda Indonesia. Penerbangan reguler ke Belitung akan dimulai tgl 29 Oktober 2018 akan ditempuh dalam waktu 50 menit. Tanpa terasa sembari minum kopi khas Indonesia persembahan Garuda, penumpang sudah sampai di Belitung untjk menikmati kejernihan pantai, pasir putih dan halus serta aneka kulinari khas akan memanjakan pengunjung”, kata Dubes Ngurah, yang disambut antusias oleh para travel agents dan pengunjung. Dubes Ngurah Swajaya juga jelaskan jangan terlalu khawatir dengan gempa bumi, karena meskipun Lombok mengalami gempa, tidak semua di wilayah Lombok terdampak dan kawasan Mandalika sampai sekarang masih terbuka dan menerima kunjungam wisatawan.

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani, dalam sambutannya mewakili Menteri Pariwisata memberikan apresiasi kepada KBRI Singapura yang sangat getol mempromosikan pariwisata sebagai bagian dari strategi utama diplomasi ekonomi Indonesia-Singapura.

"Garuda harus optimis dan agresif, khususnya dalam mempromosikan destinasi baru, karena pangsa pasar Singapura sebagai negara hub tidak hanya saja mengejar warga negara Singapura namun juga ekspatriat maupun wisman negara lain yang sedang berkunjung ke Singapura” melalui program twinning destination maupun hot deals, kata Giri Adnyani.

Turut hadir Vice President Asia Region Garuda Indonesia, Wayan Subagia  itu memaparkan bahwa saat ini Garuda terus mempromosikan berbagai destinasi dengan mengkemas berbagai paket wisata dengan travel agents serta didukung Kemenpar dan KBRI Singapura.

“Garuda harus memastikan keterisian pesawat dengan memanfaatkan penumpang dari dan wisatawan asing yang berkunjung ke Singapura sebagai strategi yang dikembangkan untuk menjaring wisatawan dari Singaputa”, ujarnya.

“Dan kami bersyukur akan membuka penerbangan perdana ke Belitung mulai tanggal 29 Oktober 2018. Belitung saya yakin akan penuh, karena Belitung punya destinasi yang berbeda dan menarik. Kami akan bantu jual penerbangan ini hingga ke Eropa, dan semua transit di Singapura” kata Wayan optimis.

Wayan menambahkan, event ini merupakan misi penjualan serta promosi destinasi wisata di Indonesia, sekaligus akan digunakan untuk launching direct flight penerbangan Garuda Indonesia Singapura – Tanjung Pandan (Belitung).

Kegiatan dimeriahkan oleh berbagai treatment khusus juga ikut dipersiapkan untuk memaksimalkan program. Seperti Coffee and Refreshment, Demo Batik, hingga Kids Zone. Kemenpar dan Garuda turut mengundang para blogger Negeri Singa untuk hadir dalam Blogger Talkshow.

Dipilihnya Suntec City Mall, merupakan inisiatif bersama dengan Kemenpar, KBRI Singapura dan Garuda Indonesia. Berada di atas Esplanade MRT Station Suntec dinilai strategis dan dikunjungi oleh banyak millennials. Selain itu mall ini juga menjadi semacam terminal khusus untuk bis-bis wisata double decker duck and hypo bus city tour.

"Suntec City Mall merupakan mall yang sangat ramai. Selalu menjadi pilihan bagi para warga Singapura dan wisatawan dari mana pun. Makanya kami menggelar Wonderful Indonesia GATF di Mall ini," ungkap Masruroh.

Dubes Ngurah berharap, kegiatan GATF seperti ini bisa merambah ke negara lain. Karena, penjualannya wisata harus bisa beradaptasi baik melalui sistem digital atau online maupun offline, seperti promosi terpadu. (dal/lin)