Resmi Dibuka Penerbangan dari Changi, Menpar Sambut Kedatangan 83 Penumpang di Babel


Jakarta, PenaOne - Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Bupati Belitung, Kapolres, Dandim dan Danlanud-Belitung, serta perwakilan pelaku usaha di Belitung menyambut kedatangan penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Singapura pada tanggal 29 Oktober 2018.

Penerbangan dari bandara Changi International dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ 1000 dengan kapasitas 96 tempat duduk tiba di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung membawa 83 orang penumpang yang merupakan pelaku usaha pariwisata dan media Singapura. Turut serta dalam penerbangan tersebut Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas-Kementerian Pariwisata dan Wakil KBRI Singapura.

Para penumpang dari Bandara Changi yang akan menuju Bangka Belitung saat mereka masih didalam pesawat. @KBRI Singapura
Penerbangan perdana ini merupakan tindak lanjut dari Misi Bisnis KBRI Singapura ke Kabupaten Belitung yang telah dilaksanakan tanggal 24-26 September 2018 yang dipimpin Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya yang diikuti perwakilan pemerintah dan pelaku usaha Singapura untuk menjajaki kerja sama pengembangan destinasi pariwisata, investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Belitung dan peluang ekspor dari Kabupaten Belitung.

Penerbangan langsung secara reguler 4 kali seminggu oleh Garuda Indonesia membuka konektivitas dan peluang bisnis lainnya, termasuk pengembangan cruise tourism, termasuk peluang meningkatkan ekspor produk unggulan Belitung dan sekitarnya, khususnya produk perikanan dan pertanian yang sangat potensial.

Dimulainya penerbangan reguler oleh Garuda ini juga mengantisipasi musim liburan sekolah pada bulan Desember serta membuka destinasi baru untuk pengembangan paket wisata hot deals oleh Kementerian Pariwisata serta program twinning destinations yang dikembangkan untuk menarik wisatawan asing yang berkunjung ke Singapura.

Sebagai salah satu “10 New Bali” sebagai destinasi wisata dan investasi baru yang dicanangkan oleh Presiden RI saat Leaders’ Retreat dengan PM Singapura, September 2017, Belitung dinilai memiliki potensi besar sebagai daerah tujuan wisata warga Singapura maupun wisman asing yang berkunjung ke Singapura karena memiliki aneka daya tarik yang diperlukan dalam bisnis pariwisata.

Berdasarkan data statistik tahun 2017, jumlah wisman ke Singapura sebesar 17,4 juta orang. Jumlah wisatawan asal Singapura ke Indonesia pada Januari-Julli 2018 mencapai 929.106 orang, atau naik 9,6% dibanding periode yang sama tahun 2017.

Suasana para penumpang yang akan turun dari pesawat di Bangka Belitung. @KBRI Singapura
Melalui program Twinning Destination, hot deals, dan wisata kapal pesiar, diharapkan peningkatan kunjungan wisman ke berbagai destinasi wisata baru dan potensial, sekaligus membuka peluang investasi di sektor infrastruktur penunjang pariwisata, serta potensi ekspor yang dapat diangkut oleh penerbangan yang secara langsung menghubungkan Belitung dengan hub internasional, seperti Singapura.

Dalam program kunjungan ke Belitung, para pelaku usaha pariwisata dan media Singapura juga diajak melakukan Island Hopping melihat keindahan dan potensi alam ke Pulau Kelayang dan pulau-pulau sekitarnya, yaitu Garuda, Batu Berlayar, Lengkuas, dan Pulau Pasir.

Fasilitas hotel bintang 5 serta lapangan golf juga diharapkan sudah siap untuk dipergunakan wisman yang berkunjung ke Belitung pada akhir tahun 2018, demikian ujar Berlianto Situngkir, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Singapura, yang mengikuti penerbangan perdana tersebut. (sal/uun)