2.000 Orang Bakal Hadiri Pelantikan Keluarga Besar Suku Piliang

Rumah Gadang asli masyarakat Sumatera Barat
Jakarta, PenaOne - Lebih dari 2.000 orang bakal menghadiri pelantikan Pengurus Keluarga Besar Suku Piliang (KBSP) Alam Minangkabau masa bakti 2018-2023 di Gedung Auditorium (KONI) Jalan Tanah Abang No 1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat Sabtu (10/11/2018).

Jumlah itu diprediksi akan bertambah, lantaran pendatang dari Suku Piliang yang ada di Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang kini terus bertambah.
Azwardi Azwir Ketua panitia silaturahmi dan pelantikan KBSP. 

Demikian dikatakan pengurus KBSP Azwardi Azwir kepada Redaksi PenaOne.com Jum'at (9/11/2018).

Dia menjelaskan, Suku Piliang adalah salah satu suku (klan) yang terdapat dalam kelompok Suku Minangkabau. 

"Suku ini merupakan salah satu suku induk yang berkerabat dengan suku Koto membentuk Adat Ketumanggungan yang juga terkenal dengan Lareh Koto Piliang," ujarnya.

Menurutnya, ada juga versi yang mengatakan suku Piliang yang merupakan Karek Bakudungan dari suku Koto, yang cendrung disebut dengan Koto Piliang berasal dari Kato Pilihan. Koto berasal dari kato (ucapan) dan Piliang berasal dari Pilihan, (unggulan).
Suasana rapat pengurus KBSP dari berbagai Kabupaten
"Jadi Koto Piliang adalah bersal dari Kato Pilihan. karena nota bene dalam Tambo Minangkabau Koto Piliang adalah pemegang tampuk kekuasaan (pemerintahan) karena DT. Katemanggungan berdarah bangsawan (rajo). Jadi dirunut dari situ adakalanya kato pilihan asal kata Koto Piliang ada benarnya, karena kata raja (penguasa) adalah kata-kata pilihan," kata Azwardi Azwir.

Dirinya menambahkan, dalam pelantikan pengurus itu, sejumlah artis Minang Ibukota seperti Ratu Sikumbang, Rani Sagita, Dewi Bunga,  Imel Boneh, Nova Yulia, Feri Aga dan An Kanda bakal didatangkan untuk menghibur tamu undangan yang hadir. (yul/asi)