Jokowi Warga Pinggiran yang Paham Getirnya Perjalanan Hidup


Jakarta, PenaOne - Dua lembaga survei hari ini merilis hasil poling soal capres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. Dua lembaga survei tesebut adalah Median dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) besutan Denny JA.

Lembaga survei LSI, merilis dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 53,2 persen, sedangkan dukungan terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 31,2 persen. Sementara mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 15,6 persen.


Presiden Joko Widodo. @Int
Sedangkan, lembaga survei Median merilis dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 47,7 persen, Prabowo-Sandiaga Uno 35,5 persen. Sementara sebanyak 16,8 persen belum menentukan pilihannya.

Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJo  HM Darmizal MS percaya, bahwa survei adalah hasil karya ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya oleh managemen lembaga itu. Jika lembaga survei merekayasa hasilnya, kata Darmizal, mereka pasti akan tenggelam dengan sendirinya.

"Lembaga survei yang kami pandang kredible, menempatkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai jawara, dengan hasil semakin membaik sebagai jawaban dari kinerja Presiden Jokowi yang semakin terinformasikan kepada masyarakat," kata Darmizal saat dimintai komentar soal hasil survei LSI dan Median, Selasa (27/11/2018) malam. 


Darmizal mengira, hasil survei yang dilakukan LSI dan Median menjadi tujuan bagi pelaksana survei untuk mempengaruhi psikologi pemilih. Survei dengan maksud tertentu, seperti menggiring pemilih dan sebagainya. 

Ketua umum Relawan Jokowi (ReJo) HM Darmizal MS
Pendiri Partai Demokrat ini yakin, masyarakat Indonesia semakin percaya bahwa pembangunan berkelanjutan adalah kebutuhan kepemimpinan Presiden Jokowi sampai 2024.

Menurutnya, kedepan, RèJo dan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin akan semakin intens bekerja ditengah masyarakat. Sementara hasil survei menjadi energi baginya.


"Kami yakin dan percaya bahwa Jokowi adalah modal dasar terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi negara besar yang maju," jelasnya.

Presiden Joko Widodo saat melakukan sungkem kepada Ibundanya Sudjiatmi Noto Mihardjo. @Int
Dijelaskan Darmizal, presiden Jokowi yang berangkat dari kaum mayoritas masyarakat Indonesia dan warga pinggiran sangat paham getirnya perjalanan hidup. 

"Jokowi, orang yang jujur dan ikhlas dalam pengabdiannya. Sangat tepat jika Jokowi adalah tauladan terbaik bagi bangsa Indonesia. Jauh dari KKN, bebas korupsi. Keluarga yang harmonis, taat beribadat, sholat dan puasanya rajin," demikian pria berdarah Minang ini menjelaskan. (sil/gun)