Kelapa Gading Siap Antisipasi Genangan Air


Jakarta, PenaOne - Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau, memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi bencana saat musim hujan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading, Selasa (27/11/2018). 

"Kita apel untuk pastikan Kelapa Gading bisa mengantisipasi banjir. Seluruh SKPD, TNI, Polri, unsur masyarakat dan perusahaan terlibat," ujarnya.

Dijelaskan Syamsudin, selain menyiagakan petugas, pihaknya juga mengecek kesiapan peralatan dan dapur umum untuk pengungsian jika sampai terjadi banjir.
Terkait kawasan Jl Boulevard Barat yang rawan tergenang saat musim hujan, 

Syamsudin mengungkapkan, Sudin Sumber Daya Air sudah  menempatkan dua unit pompa di bagian ujung barat jalan serta menyiagakan pompa mobile di hilir Kali BGR. 

"Kita sudah buat pompa di sana, termasuk Jl Yos Sudarso. Semua sudah diantisipasi, kita harapkan kawasan tersebut tidak lagi tergenang saat terjadi hujan," tegasnya.

Camat Kelapa Gading, Manson Sinaga menambahkan, penanganan genangan yang sudah dilakukan di wilayahnya meliputi pengurasan saluran menuju inlet pompa MOI, pemasangan sheet pile dan penyiagaan pompa mobile di hilir Kali BGR saat terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi serta lama. 

"Rumah Pompa MOI sudah dipasang dua pompa stationer 500 liter per detik. Kalau di BGR pompa mobil akan alirkan air ke Kali Sunter," tandasnya. (Bjk/ina)