Purbalingga Bakal Miliki Universitas Baru


Jawa Tengah, PenaOne - Purbalingga akan memiliki universitas baru. Universitas Perwira Purbalingga merupakan perguruan tinggi yang digagas Ketua DPR Bamsoet.

“Pembangunan universitas ini merupakan salah satu bakti saya kepada daerah pemilihan saya di Jawa Tengah VII, khususnya Purbalingga. Setelah malang melintang di dunia jurnalistik, bisnis, dan politik, saya ingin melanjutkan pengabdian di dunia pendidikan” tutur Ketua DPR tersebut sebagaimana dilansir Harian Suara Merdeka Jawa Tengah Senin.

Pembangunan Universitas Perwira guna mengakomodasi masyarakat Purbalingga yang ingin duduk di bangku kuliah. Sebab, hingga kini Purbalingga tidak memiliki universitas. Sehingga, kaum muda yang ingin kuliah harus pergi ke Purwokerto, Jogja, Semarang serta kota besar lain.

“Visi Universitas Perwira adalah menjadi entrepreneur university yang berkearifan lokal dan berwawasan global. Unggul dalam pengembangan UMKM berbasis iptek,” jelas Bamsoet.

Bambang Soesatyo saat meninjau pembangunan Universitas Perwira di Purbalingga. @Ist
Universitas Perwira memiliki empat fakultas dan 12 program studi. Empat fakultas tersebut terdiri atas fakultas manajemen, teknik, hukum, dan teknologi informasi.

“Program studi antara lain akuntansi, manajemen, komunikasi, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Inggris, teknik informatika, teknik mesin, keperawatan, gizi kesehatan, agroteknologi, dan agribisnis. Banyaknya program studi yang tersedia mempermudah para calon mahasiswa untuk memilih program studi yang diminati,” ujar Bamsoet.

Untuk tenaga pengajar, selain bekerjasama dengan Universitas Sudirman Purwokerto, kampus ini akan memiliki tenaga pengajar dengan predikat profesor sebanyak empat orang, 10 pengajar bergelar doktor, dan selebihnya kualifikasi S-2 dan S-1. (lis/has)