2019, Bandara Kulon Progo Beroperasi


Jakarta, PenaOne - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menargetkan, bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo akan dioperasikan pada April 2019.  Ini sebagai upaya mendorong menambah kapasitas dan konektivitas udara dari dan menuju Yogyakarta.

"Oleh karenanya Angkasa Pura I akan mengoperasikan NYIA segera, rencananya April (2019)," kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (16/12/2018).

Pada tahap awal, bandara ini akan melayani penerbangan internasional dari dan menuju Yogyakarta termasuk penerbangan umrah. Sedangkan untuk penerbangan domestik akan mulai dilayani pada 2020.

Budi menyebut, bandara ini akan melayani 3 juta penumpang internasional pada April 2019. Ke depan, bandara ini akan terus dikembangkan untuk melayani hingga 24 juta penumpang.

"Kira-kira 2-3 juta jadi penumpang internasional yang ada  (di bandara Adisutjipto) akan pindah ke sini (NYIA)," ujar Budi.

Dengan beroperasinya NYIA, Budi menuturkan nantinya Bandara Adisutjipto akan tetap melayani penerbangan domestik seperti Jakarta dan Surabaya. Terkait dengan dukungan akses jalan tol, Budi mendorong pihak-pihak terkait untuk segera merealisasikan pembangunan proyek tol ini.

"Saya pikir ada titik-titik yang unik dan saya akan koordinasikan dengan Menteri PUPR agar jalan tol Purworejo, Jogja, Solo dan dari Sentolo ini ke Borobudur itu akan dibangun. Tentunya kita akan minta persetujuan Pak Sultan (Gubernur DIY) supaya ini kita bangun sama-sama. Saya yakin ini akan menjadi suatu bandara yang besar," ucap Budi.

Sampai saat ini kemajuan pembangunan Bandara NYIA saat ini sudah 19 persen. Pihaknya berharap sisi udara Bandara NYIA di Kulon Progo dapat selesai target waktu.  

Pada April 2019, pembangunan sisi udara seperti runway dan apron akan selesai 100 persen. Sementara, untuk pembangunan terminal akan digunakan sekitar 8000 meter untuk penerbangan internasional terlebih dahulu, dan kemudian secara bertahap pembangunan terminal domestik akan diselesaikan hingga akhir 2019. (fik/yal)