Diruang Rupatama Puluhan Wartawan Ikut UKW




Tanjungpinang, PenaOne - Lembaga penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Tanjungpinang pada Tanggal 8-9 Desember 2018. Kali ini, UPN “Veteran” Yogyakarta bekerjasama dengan Sijori Media Serumpun yang bergerak di Perusahaan Pers.

UKW yang diselengarakan di Rupatama Polres Tanjungpinang ini terbuka untuk umum. Artinya, Wartawan dimanapun boleh mendaftar asal memenuhi syarat yang ditentukan panitia lokal pelaksana UKW.

Panitia lokal pelaksanaan UKW, Nizamul Akhyar di Tanjungpinang, Jumat (07/12), mengatakan, pelaksanaan UKW yang akan digelar UPN “Veteran” Yogyakarta ini membantu para wartawan dari berbagai daerah untuk memberi kesempatan agar menjadi wartawan yang benar-benar kompeten dalam bidangnya.

“UKW ini juga membantu Dewan Pers untuk mensertifikasi wartawan. Ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap Dewan Pers,” kata Nizamul yang kerap disapa Moel ini.

Moel menjelaskan, peserta UKW akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 7 peserta di jenjang Muda, Madya dan Utama. Saat ini peserta yang mendaftar sekitar 50 peserta yang berasal dari Tanjungpinang, Batam dan Anambas.

“Jenjang Muda untuk Wartawan, jenjang Madya untuk Redaktur atau Redpel, sedangkan Utama sekelas Pimred dengan syarat minimal telah menjadi wartawan selama 6 tahun,” ungkap Owner Bolu Kemboja Baginda ini yang tak lain sebagai salah satu sponsor pelaksanaan UKW.

Hajatan mulia ini, juga didukung Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. Kepada sejumlah media, Ucok mengatakan sudah seharusnya Polres Tanjungpinang mendukung langkah baik yang ingin dilakukan wartawan dalam mengukur kemampuannya sebagai wartawan.

Sebagai salah satu bentuk dukungannya, pihaknya telah memfasilitasi tempat pelaksanaan UKW.

Selama ini, Kapolres berucap, wartawan baginya sudah sangat membantu dalam menyampaikan informasi kepadanya khususnya, dan masyarakat umumnya. Apalagi, menjelang pemilu 2019 pihaknya sangat membutuhkan informasi dari wartawan terkait pengamanan pemilu di Tanjungpinang.

“Kita apresiasi para peserta yang ingin mengukur kemampuannya. Sebab, wartawan selama ini adalah mata dan telinga saya, selalu ada informasi yang diberikannya,” ucap Kapolres. (Aulia/gah)