Jokowi Resmi Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara



Riau, PenaOne - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menyandang gelar adat kehormatan Datuk Seri Setia Amanah Negara yang diberikan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Pemberian gelar kehormatan itu melalui prosesi adat. Dimulai dengan pembacaan warkah petuah oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Datuk Seri Al Azhar. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan lambang kebesaran adat, seperti tanjak, selempang dan keris.


Untuk pemasangan tanjak dilakukan oleh Datuk Seri Al Azhar, pemasang selempang oleh Ketua Dewan Pemimpin Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abu Bakar dan pemasangan keris oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Setelah pemasangan lambang kebesaran adat, Presiden dan Ibu Negara dipersilahkan duduk di  singgasana untuk prosesi tepuk tepung tawar yang diawali oleh Datuk Seri Al Azhar.


Setidaknya ada sembilan tokoh adat yang melakukan tepuk tepung tawar kepada Datuk Seri Setia Amanah Negara dan Datin Iriana Joko Widodo.

Datuk Seri Al Azhar dalam warkah menyampaikan, pemberian gelar kehormatan itu telah dimusyawarahkan di lingkungan LAM Riau.


“Pilihan menurut patutnya, disimak menurut layaknya, kemudian baru lah didendangkan di langit dan disemaikan di bumi. Agar yang jauh dapat mendengar, yang dekat dapat menyaksikannya, yang di darat dapat memakluminya, yang di hulu dapat memagarnya, yang di hilir dapat memagarnya,” begitu lah bait-bait Warkah yang dibaca Datuk Al Azhar. (ckpl/fad)