KPU DIY Sudah Pergunakan Kotak Suara Kardus Sejak 2014


Kantor KPUD DIY
Yogkarta, PenaOne - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamdan Kurniawan mengatakan, kotak suara berbahan kardus atau karton kedap air yang akan dipakai saat Pilpres tahun 2019 nanti tidak bermasalah.

Karena, menurut Hamdan, sejak tahun 2014 lalu KPU DIY sudah menggunakan kotak suara tersebut. Di Pilkada yang ada di DIY, lanjut Hamdan, KPU sudah menggunakan kotak suara berbahan kardus itu.

"Sejak tahun 2014 kami sudah tambal sulam mempergunakan kotak suara kardus itu. Karena, saat itu ada beberapa kotak suara sebelumnga yang sudah mengalami kerusakan," kata Hamdan saat ditemui dikantornya Rabu (19/12/2018).

Lebih lanjut dikatakan Hamdan, kotak suara berbahan kardus yang akan digunakan dalam Pilpres nanti bukan seperti kardus indomie atau sejenisnya.

"Bukan seperti itu yang dibayangkan masyarakat. Jadi, kotak suara kardus ini sudah diuji kelayakannya oleh KPU pusar," tegas Hamdan.

Menurut Hamdan, saat ini KPU DIY terus memberikan pemahanan kepada masyarakat bahwa kotak suara kardus ini memang layak dipergunakan. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir atas hal itu.

"Kita terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat soal ketahanan kotak suara ini. Dirinya berjanj, kita terus memberikan pemahanan kepada masyarakat bahwa kotak itu memang layak dipergunakan," jelasnya.