Jepret, Saling Lihat Buku 'Sea Power Indonesia'


Laksamana TNI (purn) Dr Marsetio (kiri) menyerahkan buku berjudul "Sea Power Indonesia" kepada KH Ma'ruf Amin (kanan) di Surabaya 23 Januari 2019. 
ANGGOTA Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasnional (TKN) calon presiden (capres) nomor urut 01 Jokowi- Maruf Amin Laksamana TNI (purn) Dr Marsetio menyerahkan buku berjudul "Sea Power Indonesia" kepada KH Ma'ruf Amin di Surabaya Rabu 23 Junuari 2019.

Laksamana TNI (purn) Dr Marsetio (kiri) menyerahkan buku berjudul "Sea Power Indonesia" kepada KH Ma'ruf Amin di Surabaya 23 Januari 2019.
Buku setebal 164 halaman tersebut diterbitkan Universitas Pertahanan, Jakarta tersebut ditulis oleh Laksamana TNI (purn) Dr Marsetio pada tahun 2014 lalu. 

Dalam buku ini, Dr. Marsetio memaparkan tentang kondisi kemaritiman Indonesia sejak masa kerajaan kuno dulu. Tesis yang diusungnya adalah pentingnya meningkatkan kemampuan maritim Indonesia dengan mengembangkan maritime domain awareness agar Indonesia bisa menggunakan keuntungan geografisnya sebagai negara maritim.

Sektor-sektor yang dibahas tidak melulu soal angkatan laut, tapi juga sektor nontradisional seperti perikanan dan ekonomi kelautan, dan juga mengenai naval diplomacy Indonesia.

Menurutnya, penting bagi Indonesia untuk bisa mengembangkan dan memanfaatkan kekuatan laut yang dimiliki dari segala aspek, baik militer, diplomasi, maupun ekonomi. (kil/sah)