Cilandak akan Gelar Lomba Kampung Bebas Jentik Nyamuk


Jakarta, PenaOne - Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, akan kembali mengadakan Lomba Kampung Bebas Jentik (KBJ) pada Maret mendatang. Selain untuk penilaian kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga sebagai gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) massal.

Camat Cilandak Tomy Fudihartono mengatakan, KBJ diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

"Program KBJ telah ditetapkan sejak 2017 melalui SK Camat. Ini merupakan inovasi dari kecamatan. Di tahun 2019 ini, penilaiannya mula Maret,” ujarnya, Sabtu (9/2/2019).

Tomy menjelaskan, dalam lomba ini, setiap kelurahan akan mengirimkan dua RW yang akan menjadi perwakilan untuk dinilai. RW yang mewakili pun harus yang memang telah terdapat kasus DBD-nya.

"Lomba ini diadakan setiap tiga bulan. Juara satu hingga tiga akan dapat uang pembinaan dan piagam penghargaan,” ungkapnya.

Tomy menuturkan, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dalam lomba ini, salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh RW tersebut. (bjk/guh)