Ini 6 Hal untuk Mengggapai Kemajuan Keluarga Besar Suku Piliang


Jakarta, PenaOne - Ketua Harian Keluarga Besar Suku Piliang Alam Minangkabau (KBSP-AM) Azwardi Azwir mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan pelantikan cabang KBSP-AM di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten serta provinsi lainnya.

"Hal itu kita lakukan agar semua keluarga besar Piliang dimanapun dapat terhimpun dan terkodinir dengan baik," ujarnya Senin (12/11/2018).

Dirinya menjelaskan, yang perlu disadari bersama untuk menggapai kemajuan KBSP-AM kedepan diperlukan beberapa hal diantaranya; Pertama, memahami secara seksama tabiat dan karakter dunsanak kito keluarga besar piliang, yang berorientasi akan pengabdian kampung halaman, tatanan dan peradaban sosial ekonomi, pendikan, adat dan kebudayaan kemasyarakatan secara murni serta tampah pamrih.

Pelantikan Kekuarga Besar Suku Piliang Alam Minangkabau Sabtu (10/11/2018).
Kedua, lanjutnya, mengutamakan pembangunan "mental sripitual" dalam berkomunikasi dan berinovasi untuk kemaslahatan dunsanak Keluarga Besar Piliang yang berdomisili di ranah dan di rantau.

Ketiga, menurut Azwardi, memberikan sumbangsih moril dan materiel pada masyarakat adat sesuai "Raso jo Pareso" sebagaimana regulasi primodial dan keariefan lokal. Dan, masyarakat adat tidak untuk mengabaikan paham kekeraban "kato nan ampek, jalan nan ampek, adat nan ampek dan nan ampek jinieh!".

Keempat, masih menurutnya, oeorientasikan sistem sosial kemasyarakatan sejalan degan kultural, warih nan bajawek, pusako nan batarimo dan disitulah limbago nan kabatolong sepanjang adat Minangkabau yang memiliki landasan fundamentalis yaitu: Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS, SBK).

"Kelima, KBSP-AM ini harus mengakomodir aspirasi dan menyalurkan secara aspiratif dan mengayomi seluruh Keluarga Besar Piliang," jelasnya.           

Keenam, manjopuik nan tacicie , mangampuang nan tatingga, untuk berbimbingan tangan dalam suatu kesatuan dan persatuan (sepakat) menuju piliang yang sesuai harapan kita bersama dalam berkontribusi menggapai kesejahteraan sesuai maksud dan tujuan didirikan KBSP-AM ini oleh kita di perantauan. (yul/sus)                                       
Reactions: 

Related

SUMBAR 8760177483808703567

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item