The Greates Festival of Nagari Digelar Bulan Maret 2019



Jakarta, PenaOne - Jika tidak ada aral melintang, di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) akan diadakan festival berskala internasional dengan thema The Greates Festival of Nagari atau Great ON. Festival tersebut bakal diselenggarakan sekitar bulan Febriari atau Maret tahun 2019 nanti.

"Kami sedang merancang untuk menampilkan keanekaragaman masyarakat Minang bernama festival The Greates Festival of Nagari. Insya Allah akan digelar diantara bulan Februari atau Maret 2019," kata penggagas Greates Festival of Nagari HM. Darmizal MS, usai pertemuan dengan panitia dan Event Organizer (EO) dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Darmizal melihat, selama ini perhatian  Presiden Jokowi sangat besar kepada kampung halaman kami yakni nagari Minang yang indah dengan penuh berjuta pesona.

Saya rasa, inilah kesempatan terbaik bagi kami orang Minang untuk membangkitkan batang tarandam. Karena, perhatian Presiden yang demikian besar tersebut, ingin kami jawab dengan sesuatu yang besar pula.

Untuk suksesnya acara tersbut, Darmizal akan bertemu tokoh-tokoh nagari di Sumbar.

"Saya yakin kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung peningkatan sumber daya manusia, peningkatan ekonomi, sosial dan ekonomi masyarakat dalam segala hal untuk jangka panjang," jelasnya.

Menurut Darmizal, nagari Minang memiliki berjuta pesona yang tidak dimiliki negara manapun. Itu kebanggaan yang ingin kami angkat kepermukaan sebagai potensi dahsyat milik masyarakat Sumbar.

Darmizal menambahkan, festival The Greates Festival of Nagari akan menampilkan seluruh potensi adat istiadat, budaya, pesta kuliner yang ditampilkan dalam bentuk expo.

"Pameran di Gedung Tri Arga dan carnaval dengan aneka pertunjukan ini berlangsung disepajang jalan di kota Bukit Tinggi. Kita juga berniat untuk memecahkan 3 rekor Meseum Rekor Indonesia (Muri) bahkan rekor dunia," jelasnya.

Darmizal mengaku akan mengundang Presiden Jokowi dalam kegiatan ini, sehingga masyarakat Minang bisa berinteraksi langsung dengan Kepala Negara.

Greats ON diharapkan menjadi festival tahunan seperti festival Rio de Jeneiro di Brazil, festival Pasadena di Amerika atau Jember Festival Carnaval di Jember Jawa Timur yang sudah mendunia.

"Kita akan meminta Bapak Presiden Jokowi untuk hadir dan membuka Greats ON tersebut. Mudah-mudahan beliau berkenan dan menyempatkan diri untuk hadir dalam acara itu," ujar pria berdarah Minang ini.

Ditempat yang sama salah satu panitia The Greates Festival of Nagari, Beta Sikumbang menambahkan festival itu akan melibatkan lebih dari 900 nagari atau desa yang ada di Sumbar. (kal/sus)
Reaksi: 

Berita Terkait

SUMBAR 1414018934845667750

Terbaru






close





Populer

Comments




item