Milton Pakpahan: Indonesia Berpotensi Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Mantan Ketua Komisi VII DPR RI Milton Pakpahan
Jakarta, PenaOne - Ketua Bidang Sumber Daya Mineral (SDM) Relawan Jokowi atau ReJo Dr Milton Pakpahan mengaku, Indonesia berpotensi untuk mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Milton menjelaskan mengenai kebutuhan energi Indonesia yang sangat tinggi serta target 23% energi terbarukan yang ingin dicapai oleh pemerintah di tahun 2030. Saat ini, lanjut Milton, energi terbarukan hanya sekitar 5-6% dari total penggunaan energi di Indonesia.

"Potensi 29 ribu megawatt panas bumi, 75 ribu megawatt tenaga air, 133,3 ribu megawatt tenaga angin, 532 ribu megawatt tenaga panas matahari, 18 ribu megawatt tenaga gelombang dan 30 megawatt tenaga nuklir," kata Milton dalam diskusi bertajuk "Rencana Pengembangan Energi Terbaharukan dalam Perkembangan Infrastruktur Indonesia, Apakah Hanya Wacana" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Selain Milton Pakpahan, hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut diantaranya; Hokkop Situngkir Direktur Teknik dan BD Waskita Karya Energ, Marlistya Citraningrum Program Manager Sustainable Energy Access IESR dan Ferdy Hadiman Peneliti Alpha Research Database Indonesia.

Milton yang pernah menjabat Ketua Komisi VII DPR RI itu menambahkan, saat ini pemuda harus dilibatkan dalam pengembangan EBT.

"Kampus-kampus harus membentuk Fakultas atau Prodi terkait energi baru terbarukan itu," pungkasnya.

Sementara itu, Hokkop Situngkir mengatakan pengembangan EBT berkembang lambat disebabkan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut antara lain faktor regulasi, yaitu pemerintah sering tidak konsisten dalam menerapkan peraturan soal EBT sehingga menyulitkan investor.

Faktor infrastruktur, yakni belum ada fasilitas yang menyambungkan energi dari sumber (biasanya terletak di remote area) ke konsumen.

Serta faktor kesadaran masyarakat, yakni masyarakat belum menganggap EBT sebagai hal penting di masa depan.  (lus/had)



Reactions: 

Related

relawan Jokowi 3192928326329460988

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item