Dukung Pembinaan Usia Dini, Ridwan Kamil Gelar Piala Gubernur 2019


Anak-anak SSB Endang Witarsa saat latihan dilapangan Banteng, Jakarta Pusat. @dok
Bandung, PenaOne - Untuk menggairahkan sepakbola pembinaan usia dini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap segera menggelar Piala Gubernur 2019. Ketua panpel Laga Sudarmadi mengatakan Piala Gubernur Jawa Barat 2019 diperuntukkan untuk tim KU-10 dan KU-12 pada 24 hingga 31 Maret di hari Sabtu dan Minggu.

Laga mengatakan, hingga saat ini jumlah tim yang telah mendaftarkan diri mencapai 180 peserta dari seluruh Jawa Barat. Dia menambahkan, pendaftaran akan terus dibuka hingga 28 Februari 2019.

"Kami akan menggelar Piala Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada hari Sabtu dan Minggu dari 24 hingga 31 Maret 2019. 

Kegiatan ini adalah supervisi yang nyata antara Gubernur Ridwan Kamil dan Ketua Umum Asprov Jabar Tommy Apriantono yang menginginkan adanya pembinaan usia dini mengedepankan edukasi dan integritas," ucap Laga yang ditemui di Sekretariat Asprov Jabar, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Kamis, 21 Februari 2019.

Laga mengungkapkan, kompetisi kompetisi KU-10 dan KU-12 kali ini berbeda dengan yang biasanya. Dimana, setiap pemain yang mampu menjunjung tinggi fair play pada setiap pertandingan akan diganjar green card.

"Green card ini atau kartu fair play bisa dikumpulkan pemain di setiap laga. Bagi mereka yang mampu meraih green card terbanyak saat kompetisi di akhir festival akan dianugerahi sebagai pemain fairplay," ucapnya dikutip pikiranrakyat.

Selain itu, kata dia, setiap pemenang di KU-10 dan KU-12 serta tim all stars di setiap kategori akan mendapatkan momen istimewa. Yakni mereka akan diberangkatkan untuk mengikuti turnamen internasional.

"Karena hadiahnya tidak berupa uang maka pemenang akan diberangkatkan untuk mengikiti kompetisi internasional. Karena dalam usia dini itu pemain belajar sepakbola dengan mengedepankan fair play dan etika," ujarnya.

Lima lapangan
Hal senada dikatakan pembina Piala Gubernur Jawa Barat 2019 Yoko Anggakusuma. 

Menurut Yoko, untuk memaksimalkan kompetisi pihaknya telah menyiapkan lima lapangan. Dia menuturkan, jumlah venue akan bertambah jika peserta terus bertambah.

"Kita telah menyiapkan lapangan Arcamanik, ITB, Lodaya, Progresif dan Secapa. Jumlah venue akan bertambah seusai kebutuhan peserta nantinya. Tapi untuk yang lima ini sudah pasti digunakan," kata Yoko.

Dia menambahkan, kedepannya festival sepakbola Piala Gubernur Jabar akan digelar rutin setiap tahun. Sebab, hal ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari Ridwan Kamil bahwa tak menutup kemingkinan Jabar suatu saat memiliki diklat sepakbola.

"Ridwan Kamil peduli terhadap pembinaan sepakbola usia dini yang beretika. Cara bermainnya adalah setiap babak pertama tujuh pemain U-10 akan diganti semua di babak kedua. Sedangkan KU-12 melakukan lima kali pergantian," tuturnya. (kil)
Reaksi: 

Berita Terkait

OLAHRAGA 6032008416776739304

Terbaru






close





Populer

Comments

item