Ferari: Mari Kita Perbaiki Uji Kompetensi Kesehatan


Ferari Roemawi
Bukittinggi, PenaOne - Mantan anggota DPR RI Ferari Roemawi saat menjadi pembicara kuliah umum bertema "Mengembangkan Jiwa Enterprenuer dan Strategi Menghadapi Permasalahan Pendidikan Kesehatan Indonesia" yang diadakan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Fort De Kock Bukittingggi, Sumatera Barat, Selasa (12/1/2019) mengatakan, profesi yang diambil mahasiswa disini merupakan pekerjaaan yang mulia.

Sehingga, Ferari juga beranggapan, uji kompetensi masalah kesehatan harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi sesuai Undang-undang (UU) Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan,

"Profesi dokter, perawat, bidan semuanya yang sangat mulia. Karena memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat," ujar Ferari dihadapan 350 mahasiswa peserta kuliah umum.

HM Darmizal MS menyerahkan buku Jokowi Dulu Kinanti atau Jadul Kinanti kepada pengurus Yayasan Stikes Fort De Kock Bukittinggi.
Ferari menambahkan, mahasiswa disini semua adalah pahlawan. Karena anda semua memilih pengabdian kepada masyarakat.

"Jarang orang yang mau profesi ini," kata Ferari.

Ferari menanggap, uji kompetensi bagi para lulusan PT Kesehatan  sangat diperlukan. Disitu, lanjut Ferari, akan terlihat kemampuan seseorang dibidangnya masing-masing.

"Maka itu sangt penting dilakukan uji kompetensi. Pihak kampus yang berkompetenlah yang seharusnya melakukan uji kompetensi itu. Karena, kampus yang bertanggung jawab atas mahasiswanya," kata Ferari.

Tentunya, menurut Ferari, pemerintah  mempunyai banyak pertimbangan dengan beralihnya uji kompetensi yang saat ini tidak dilakukan oleh kampusnya masing-masing, mungkin salah satunya dengan pertimbangan belum meratanya kualitas PT Kesehatan di Indonesia

"Mari kita cari jalan keluarnya. Apa yang kurang dalam uji kompetensi ini," pungkas Ferari.

Hadir sebagai pembicara dalam dikukiah umum tersebut Dubes RI Ceko Aulia Aman Rahman dan tokoh Sumater Barat HM Darmizal MS. (kil/tan)
Reaksi: 

Related

SUMBAR 8585219961336290731

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item