Hencky Luntungan: Sebagian Besar Pendiri Partai Demokrat Dukung Jokowi

Pendiri partai Demokrat Hencky Luntungan
Jakarta, PenaOne - Pendiri Partai Demokrat (PD) Hencky Luntungan mengatakan, sebagian besar pendiri PD seperti profesor Subur Budhisantoso dan lainnya sudah mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres tahun 2019 ini. Kata Hencky, dirinya dan Subur Budhisantoso tergabung dalam Cakra 19 untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca: Prof Subur: Pendiri Demokrat Dukung Jokowi Tidak Ada Salahnya

"Sebagai informasi sebagian besar pendiri PD, saya, Prof.Budhisantoso serta beberapa pendiri/deklarator sudah di CAKRA 19. Untuk pemenangan pak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin," kata Hencky Luntungan mengawali perbincangannya dengan PenaOne.com Rabu (6/1/2019) melalui aplikasi WhatsApp.

Berikut wawancara lengkap dengan pendiri PD Hencky Luntungan:

Apa tanggapan pak Hencky Luntungan  melihat pendiri dan kader PD banyak yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres tahun 2019 ini?

Sejak tahun 2007 dan Kongres 1 di Bali  berlanjut di Surabaya perpecahan sudah nampak. Karena para pendiri PD semakin ditinggalkan oleh SBY dan kroninya mulai mengintervensi PD dengan memaksakan pak HU, menjadi Ketum. Kemudian mengumumkan SBY sebagai pendiri PD sebagai tindakan 'kebohongan'.

Baca: Darmizal: DPD dan DPC Demokrat Tak Perlu Takut Nyatakan Dukungan ke Jokowi

Apakah ini memang strategi SBY dalam berpolitik, ketika ada pendiri dan kader PD yang dukung Jokowi?

Bukan strategi, tapi bluder yang dilakukan oleh pimpinan PD oleh karena kekuatan kroni mengakibatkan elektabilitas PD terjun bebas.

Ataukah tidak ada kecocokan lagi dengan SBY sebagai Ketua umum yang sebelumnya telah mendukung capres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno dalam Pilpres..?

Benar tapi itu hanya buntut. Seyogianya SBY telah kehilangan magnit sebagai pemimpin ketika sejarah PD dilangkahi dan semakin nyata bahwa SBY dan kroninya di DPP PD sedang digilas oleh roda sejarah.

Baca: Dukungan Menteri SBY dan Pendiri Demokrat akan Tingkatkan Elektablitas Jokowi

Apakah bapak melihat situasi saat ini kader PD didaerah solid mendukung capres nomor urut 02. Atau mereka takut jika akan deklarasi 01 karena SBY?

Gak ada itu, yang Pasti SBY telah kehilangan magnit oleh karena 'ambisius' dan melupakan sejarah berdirinya PD tang telah mengantarkannya ke tampuk kekuasaan sebagai Presiden.

Apakah bapak sebagai pendiri yakin jika PD tahun ini akan lolos Parliamentary Threshold atau PT yakni 4%  sehingga bisa lolos ke Senayan?

Oh pasti lolos PT.  Tapi saya yakin dari posisi 9% , akan menurun jauh. Mungkin dikisaran 5 s/d 7%, karena sebagai pendiri PD, dan aktif dalam aktifitas politik sampai saat ini, kami yang mendirikan dan membesarkan dan kami sedang berbuat untuk membonsaikan sejak 2009. Saya Hencky Luntungan turun dan berbuat membonsaikan PD, hasilnya signifikan 20,8% anjlok 9,6%.

Seandainya PD tidak lolos PT dan tidak ada yang masuk ke Senayan tahun ini apa yang harus dilakukan PD? Apakah berbenah Ketua umumnya atau tinggal diam?

Baca: Dirikan Relawan Jokowi, Darmizal Hengkang dari Demokrat

Pasti lolos PT tapi harus berbenah dan himpun kembali seluruh founding father PD, untuk mengevaluasi sebagai nilai kehormatan kembali pada sejarah. Karena PD semakin anjlok  dan setidaknya Kongres Luar Biasa (KLB) dan bersihkan kroni Cikeas. Kalau tidak , pada tahun 2024 PD habis.

Apa saran pak Hencky pada SBY jika tahun ini PD benar-benar tidak bisa lolos ke Senayan? Apakah pak Hencky akan meminta SBY diminta mundur dan segera menggelar Munaslub?

Saran saya ketika PD anjlok, segera SBY dan kroninya mundur dan lakukanlah Munaslub dengan alasan usia, atau kesehatan dll. Sekaligus menyerahkan kembali PD kepada pendirinya. (tan/fik)
Reaksi: 

Berita Terkait

indonesia 4939997651924584807

Terbaru






close





Populer

Comments




item