KPK Minta Caleg Korup Tak Dipilih


Jakarta, PenaOne - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengingatkan agar caleg yang pernah terlibat korupsi tidak dipilih demi mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menegaksan, bahwa seharusnya warga diberi pendidikan politik yang baik oleh partai dengan tidak mencalonkan mereka yang pernah terlibat korupsi.

“Kita mendukung dan memang sewaktu ketua KPU ke sini (KPK) kita sampaikan kita mendukung, umumkan saja. Bahkan, KPK mungkin akan memuat ya kalau memungkinkan di website (laman) KPK kan itu lebih bagus,” ungkap Alexander, di Jakarta, Minggu (24/02/2019).

Untuk diketahui, KPK kembali mengumumkan 32 nama baru caleg (calon legislatif) mantan koruptor pada Pemilu 2019. Bila sebelumnya terdapat 49 daftar caleg, saat ini total terdapat 81 caleg, baik DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, maupun DPD.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menilai yang paling penting yaitu imbauan dan membangun kesadaran masyarakat sebagai pemilih agar benar-benar memperhatikan siapa yang hendak dipilih karena mereka akan mewakili rakyat di legislative.

Masyarakat jadi bisa memperoleh penerangan untuk wakil-wakil yang akan dipilih dan mengetahui mana yang bersih dan jujur.

“Misalnya, berdasarkan uang yang diberikan maka artinya pemilih berkontribusi untuk tidak mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depan, jadi kita perlu jauh lebih hati-hati untuk memilih. Dan, pilihlah orang-orang yang punya rekam jejak atau latar belakang yang bisa dipertanggungjawabkan dan tidak terkait kasus korupsi,” jelasnya menutup pembicaraan. (Pmj/Fik)
Reaksi: 

Berita Terkait

KPK 3743546126676681294

Terbaru






close





Populer

Comments




item