Relawan Rumah Gadang Bertekad Menangkan Jokowi di Sumbar




Solok, PenaOne - Dukungan ke Calon Presiden (Capres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengalir semakin deras di Kota Solok, Sumatera Barat. 

Terbaru, sebanyak tujuh relawan mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf di dua tempat berbeda di Kota Solok, Minggu (17/2/2019).

Sebanyak empat relawan mendeklarasikan diri di Rumah Gadang Dt Bandaro Hitam, Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. 

Keempat relawan tersebut adalah Relawan Rumah Gadang, Barisan Muda Solok Masa Depan (BM Somad), Ojek Somad, dan Relawan Peternak Ayam Potong Kota Solok.

Sementara, tiga relawan lagi mendeklarasikan dukungan di One Resto, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok. Ketiga relawan itu adalah Perantau Jawa Kota Solok, LSM Jaringan Makmur Nusantara Cabang Solok dan Relawan Akar Rumput Kota Solok. 

Deklarasi di dua tempat tersebut dirangkai dalam kegiatan nonton bareng Capres yang disiarkan stasiun televisi nasional.

Pada deklarasi di Rumah Gadang Dt Bandaro Hitam, hadir Bendahara Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Kota Solok Andri Marant, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kader dan Keanggotaan (OKK) DPC PDI Perjuangan Kota Solok Junairi Nursali Dt Rajo Bujang, serta kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Solok. 

Faizal Kamal Waysoen yang akrab disapa Iponk Waysoen, didaulat sebagai Ketua Relawan Rumah Gadang, dengan sekretaris Abrar.

Dalam paparannya usai mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf usai nontong bareng (Nobar) usai Debat Kedua Minggu malam, Ketua Relawan Rumah Gadang, Iponk Waysoen, menyatakan deklarasi ini merupakan bentuk dukungan penuh dari keluarga besar kaum Suku Supanjang Dt Bandaro Hitam di Kota Solok, yang mengimbau anak kemenakan untuk membantu dan mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 17 April 2019 mendatang.

“Kita sengaja memilih nama Relawan Rumah Gadang. Karena rumah gadang atau rumah adat di Minangkabau merupakan simbol identitas. Dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf, didasarkan pada kinerja dan program yang diusung. Ibarat pepatah, ‘Mancaliak contoh ka nan sudah’ (mencontoh kepada yang sudah terjadi), kinerja dan program Jokowi sudah terbukti. Sehingga, sangat layak didukung untuk periode yang kedua,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua OKK PDI Perjuangan Kota Solok, Junairi Nursali Dt Rajo Bujang, mengungkapkan dukungan kepada Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan, menjadi penyemangat bagi seluruh kader dan simpatisan untuk mengabdi bagi daerah. 

Menurutnya, dukungan tersebut menunjukkan kinerja Jokowi selama lebih dari 4 tahun menjadi presiden, diakui berbagai pihak.

“Dukungan terhadap Jokowi oleh berbagai elemen di Kota Solok, membuktikan bahwa Jokowi adalah milik semua kalangan. Milik semua rakyat. Karena itu, kita sangat memgapresiasi dukungan ini,” ujarnya.

Sementara itu, deklarasi di One Resto, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, oleh Perantau Jawa Kota Solok, LSM Jaringan Makmur Nusantara Cabang Solok dan Relawan Akar Rumput Kota Solok, berlangsung tak kalah meriah. 

Menurut mereka, Jokowi-Ma’ruf merupakan pemimpin yang saat ini dibutuhkan Indonesia untuk menjemput ketertinggalan.

“Jokowi adalah cerminan pemimpin yang memahami persoalan bangsa. Sejak dipimpin Jokowi, sila kelima Pancasila, yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, bisa dirasakan bersama,” ujar Ragil salah satu perantau Jawa di Kota Solok.

Hal senada disampaikan Olle Noise, Koordinator Relawan Akar Rumput Kota Solok. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok pemimpin yang bisa menjawab persoalan bangsa.

“Oleh karena itu tidak ada alasan bagi kami tidak mendukung Jokowi. Karena Jokowi merupakan harapan bagi Indonesia bakal jaya menuju rakyat sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Masito Ketua LSM Jaringan Makmur Nusantara yang turut mendeklarasikan mendukung Jokowi pada malam nonton bareng, menyebut Jokowi merupakan sosok pemimpin pemberi solusi, sedikit bicara namun banyak bekerja.

“Debat kedua ini membuktikan Jokowi memahami dan menguasai persoalan bangsa. Bukan sekedar bicara Jokowi telah membangun pondasi untuk Indonesia tinggal landas menuju tarag hidup yang lebih baik,” tuturnya.

Semakin masifnya dukungan kepada Capres Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Bendahara Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Kota Solok, Andri Marant menyatakan sangat terharu dengan tingginya antusias berbagai elemen masyarakat. Andri Marant menyebut, hal itu menjadi tambahan kekuatan bagi TKD Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solok tersebut, hal itu semakin meningkatkan optimisme pihaknya dalam pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok.

“Semakin derasnya dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok, membuat optimisme kami berlipat. Hal ini, tentu tidak terlepas dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini,” tegasnya.

Ketua DPC Projo Kota Solok, Eri Satri Dt Rajo Kuaso menyatakan pihaknya sangat bangga dengan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf di Kota Solok. 

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa pemilih di Kota Solok sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihannya. Eri Satri juga mengharapkan seluruh masyarakat pendukung Jokowi-Ma’ruf untuk menyalurkan dukungannya secara elegan, sopan dan tertib.

“Saat ini, masyarakat sudah cerdas dan bijak dalam menentukan pilihannya. Latar belakang, visi misi dan komitmen calon ke masyarakat akan menjadi pertimbangan utama bagi pemilih. Sehingga, masyarakat tahu mana yang terbaik. Yakni yang sudah membuktikan, bukan yang baru sekadar berencana,” ungkapnya. (*/PN-001/Rijal Islami/Yus)
Reaksi: 

Berita Terkait

SUMBAR 8529176033339959864

Terbaru






close





Populer

Comments

item