70 Peserta Ikuti Seminar



MENTERI Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dan Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya, membuka seminar yang diselenggarakan KBRI Singapura bertemakan, “RISING Partnership: Harnessing Digital Economy Potential in Indonesia” tanggal 11 Maret 2019 di tengah-tengah penyelenggaraan Regional Investment Forum (RIF) di ICE-BSD.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 70 peserta yang merupakan perwakilan Pemerintah serta pelaku usaha digital economy Indonesia dan Singapura.

Selain Menteri Rudiantara, kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang ekonomi digital (Fintech dan Blockchain), yaitu Triyono Gani, Direktur Eksekutif Otoritas Jasa Keuangan (OJK); Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf); Erwin Haryono, Direktur Kebijakan Sistem Pembayaran, Bank Indonesia (BI); Chia Hock Lai, Chairman Asosiasi Fintech Singapura; dan Michael Wiluan, CEO of Nongsa Digital Park (NGP); serta dipandu oleh Denny Abdi, Direktur Asia Tenggara, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Dubes Ngurah Swajaya menekankan pentingnya fintech/blockchain serta tersedianya sumber daya manusia yang handal dalam bidang coding untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital di Indonesia yang diperkirakan bernilai US$ 130 milyar tahun 2020.

Dalam sambutannya, Menteri Rudiantara menjelaskan potensi ekonomi digital dan peranan pemerintah sebagai fasilitator dan akselerator.

Kementerian Kominfo juga mempersiapkan infrastruktur dan penyiapan sumber daya manusia untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital dan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama yang kompetitif.

Menteri Rudiantara menjelaskan mengenai program palapa ring dan penyiapan sumber daya manusia yang bekerjasama dengan 20 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia yang dimaksudkan untuk mencetak tenaga terampil bidang coding.  (fika)
Reaksi: 

Berita Terkait

KBRI SINGAPURA 3628043527689240331

Terbaru






close





Populer

Comments




item