Kampanye di Kalbar, Jokowi Beberkan Manfaat 3 Kartu Andalan



CALON presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menyapa ribuan pendukungnya di Lapangan Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (27/3/2019).

Jokowi memaparkan bahwa selama 4,5 tahun menjabat, pemerintah telah mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat. 

Untuk kelanjutan program pendidikan, pada tahun depan, pemerintahan di bawah Jokowi-KH Ma'ruf Amin jika terpilih, akan mengeluarkan program KIP-Kuliah.

Jokowi yang mengenakan atasan putih dan bawahan jins warna biru tua, lantas mengeluarkan beberapa kartu dari saku belakang celana untuk ditunjukkan kepada massa pendukungnya.

“Ke depan akan keluar kartu kuliah. Ini dipakai setelah lulus SMA dan SMK untuk melanjutkan ke akademi, perguruan tinggi. Ini bisa dipakai di perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri," tuturnya sambil menunjukkan KIP Kuliah.

Selanjutnya, mantan wali kota Solo ini menunjukkan kartu keduanya, yakni Kartu Pra-Kerja. Kartu tersebut bisa digunakan untuk para lulusan SMA atau sederajat, serta lulusan perguruan tinggi yang belum bekerja.

Pemegang kartu ini akan mendapatkan berbagai program pelatihan kerja agar memiliki keterampilan kerja sehingga memudahkan mendapatkan pekerjaan.

Mereka akan diberikan kesempatan melakukan training kerja di sejumlah BUMN atau perusahaan swasta. 

"Keluar training bisa mendapatkan kerjaan. Tapi kalau belum dapat kerjaan nanti akan dapat insentif dan honor," tuturnya.

Terakhir, Jokowi mengeluarkan kartu ketiganya yang disebut Kartu Sembako Murah. 

"Ini yang senang ibu- ibu. Ini diberikan agar bisa berbelanja dengan diskon yang banyak, baik beli beras, gula, minyak. Ibu-ibu setuju dengan ini yang setuju tunjuk jari?" katanya seperti dikutip inews.id.

Namun, Jokowi memastikan bahwa ketiga kartu yang menjadi program andalan bersama Kiai Ma'ruf tersebut belum bisa direalisasikan dalam tahun ini.

“Jadi tiga kartu ini ‎baru keluar tahun depan karena akan kita anggarkan dulu tahun ini. Jadi nanti setelah 17 April, jangan minta ke saya. Sebelumnya saya ngomong apa adanya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (guh)
Reaksi: 

Related

news 4259276028602992794

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item