KPU Sragen Sediakan 2 TPS di Lapas




KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Sragen memastikan ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus yang akan ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Sragen pada Pemilu 17 April mendatang. 

Sementara untuk melayani para pasien dan keluarganya di berbagai rumah sakit, akan dilayani oleh TPS di sekitarnya.

Ketua KPU Sragen Minarso Jumat (22/3) mengatakan, ada berbagai pertimbangan kenapa menempatkan dua TPS di Lapas Sragen. Di antaranya karena untuk pemungutan suara nanti berjalan lebih lama dibandingkan pemilu sebelumnya. 

Selain itu, nanti yang memberikan suara juga bukan orang biasa, karena membutuhkan waktu untuk menghadirkan pemilih ke TPS. 

"Kalau di Lapas Sragen pasti butuh waktu khusus dan harus teliti supaya tidak ada kesalahan, karena itu disediakan dua TPS khusus," ujarnya dikutip krjogja.com.

Menurut Minarso, nantinya antara satu narapidana atau warga binaan dengan yang lain juga bisa berbeda jumlah surat suara yang bakal diterima. Seperti untuk napi yang alamatnya satu daerah pemilihan (dapil) dengan lokasi TPS, maka dia mendapatkan lima surat suara. 

Sementara yang berbeda dapil tetapi masih satu kabupaten, dia memperoleh empat jenis surat suara. 

Dan untuk yang luar Sragen tetapi masih satu provinsi Jawa Tengah, dia mendapat dua jenis surat suara yakni untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) dan Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sedangkan untuk warga binaan dari luar Jawa Tengah, maka hanya mendapat satu jenis surat suara, yakni untuk pilpres saja. 

"Jadi antara satu napi dengan napi lainnya bisa berbeda jumlah surat suara yang diterima. Ada yang mendapat lima jenis surat suara, ada pula yang hanya satu jenis surat suara. Kalau seperti itu jelas butuh waktu dan ketelitian supaya jangan keliru," tandas Minarso. (kus)
Reaksi: 

Related

daerah 6684934567411486725

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item