Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Tanah Longsor di Sleman




MINGGU (24/3/2019), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman melaporkan kejadian dari dampak hujan lebat disertai angin kencang. Beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga di Kecamatan Gamping, Prambanan, Berbah, dan Minggir, sedangkan untuk tanah longsor, terjadi Kecamatan Tempel dan Prambanan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengatakan untuk korban jiwa tidak ada.

"Nihil korban jiwa," katanya.

Untuk longsor di Kecamatan Prambanan, Makwan mengatakan terjadi Dusun Kikis, RT04/RW06, Desa Sambirejo. 

"Akibat hujan deras pada hari Sabtu 23 Maret 2019, kurang lebih pukul 24.00 WIB, terjadi tanah longsor menimpa bagian rumah Bapak Ahmad Rodhli Setyoko. Saat ini, dukuh beserta warga baru giat kerja bakti di lokasi terdampak," bebernya.

Makwan juga mengatakan di Dusun Jenengan RT04/RW19, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempel, dapur milik Bapak Sutopo ambrol berikut alat-alat rumah tangganya. 

"Tindakan darurat penutupan longsoran dengan terpal dan pemasangan garis pengaman," ucapnya dikutip bernas.id.

Sementara itu, untuk pohon tumbang terkena angin kencang, rinciannya:

(1) Di Dusun Tengahan XI, Sendangagung, Kecamatan Minggir, pohon jati berdiameter 20 cm tumbang menimpa rumah Bapak Marsono. Diberikan bantuan terpal. Di Dusun Bekelan, Sendangagung, pohon duwet berdiameter 20 cm tumbang melintang di jalan dan batang pohon sudah disingkirkan.

(2) Di Dusun Baran RT03/RW06 Kalitirto, Kecamatan Berbah, pohon mlanding berdiameter 25 cm tumbang menimpa jaringan listrik dan akses jalan. Saat ini, batang pohon sudah disingkirkan. 

Sedangkan, di Dusun Jragung, RT04/RW02, Jogotiro, Kecamatan Berbah, pohon sengon berdiameter 30 cm roboh menimpa pagar bangunan kosong dan kabel listrik, serta belum terkondisi.

(3) Di Dusun Nglengkong  RT04/RW18, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, pohon Jati berdiameter 25 cm tumbang menimpa jaringan PLN dan akses jalan, serta saat ini, batang pohon sudah disingkirkan. 

Pohon tumbang melintang di Jalan Opak Raya, Gansiran, Madurejo, pohon mlanding berdiameter 30 cm menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan, serta saat ini, batang pohon sudah disingkirkan.
(4) Di Dusun Tegal Yoso RT03/RW07, Banyuraden, Kecamatan Gamping, pohon menjadi berdiameter 25 cm menimpa jaringan listrik dan melintang di jalan kabupaten. Saat ini, batang pohon sudah disingkirkan. (fian)
Reaksi: 

Related

daerah 6284950441441327125

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item