Puluhan APK Caleg Ditertibkan




Purworejo, PenaOne - Tim gabungan yang terdiri Satuan Polisi Pamong Paraja Linmas dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dinas Perhubungan (Dishub), KPU dan Polres Purworejo melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang melanggar aturan. Penertiban dilakukan dari wilayah perkotaan hingga perbatasan Purworejo-Magelang di Kecamatan Bener.

“Penertiban masih akan terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan sampai APK yang melanggar bersih,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholik SH SThI MKn, dikutip krjogja.com, Sabtu (09/03/2019).

Didampingi Koodinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Purworejo Rinto Hariyadi, Nur Kholiq menjelaskan, bahwa aturan yang dilanggar dalam pemasangan APK  diantaranya pada angka 7 Surat Bawaslu Nomor 1990/K.Bawaslu/PM.00.00/XI/2018 tentang Pengawasan Metode Kampanye Pemilu 2019, yakni peserta Pemilu, tim dan pelaksana kampanye dilarang memasang APK yang dikenakan retribusi kecuali yang difasilitasi KPU.

Aturan lain yang dilanggar yakni Pasal 4 Peraturan Bupati Purworejo Nomor 14 tahun 2018 tentang tempat pelaksanaan kampanye dan pemasangan APK di wilayah Kabupaten Purworejo. 

Dikatakan pula bahwa sebelum melakukan penertiban Bawaslu sudah memberikan rekomendasi ke KPU Purworejo. Pihak KPU juga sudah memberikan peringatan kepada  partai politik dan tim kampanye pesangan calon presiden agar mereka menertibkan APK yang melanggar. (Nar/Hati)
Reaksi: 

Berita Terkait

YOGYAKARTA 1329531129887987386

Terbaru






close





Populer

Comments




item