10 KK Asal Jakarta akan Transmigrasi ke Sulbar



DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) DKI Jakarta akan memberangkatkan 10 Kepala Keluarga (KK) asal DKI Jakarta yang akan bertransmigrasi ke Salu Andeang, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, tahun ini.

Kepala Dinas Nakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia memberikan kuota 10 KK untuk transmigran asal DKI Jakarta di tahun 2019.

"Syarat untuk mendaftar menjadi transmigran yakni, sudah berkeluarga, dan didukung secara administrasi baik KK maupun KTP, serta belum memiliki pekerjaan tetap," ujarnya, Kamis (11/4/2019).

Andri menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 12 KK yang mendaftar untuk menjadi transmigran. Mereka, nantinya akan diseleksi terlebih dahulu untuk penentuan keberangkatan karena kuota yang diberikan hanya 10 KK.

"Proses seleksinya akan kita mulai Juli mendatang. Untuk keberangkatan, rencananya di bulan September," terangnya.

Menurutnya, modal penting bagi para transmigran adalah niat, motivasi, mental yang kuat, serta cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

"Kemendes PDTT menyediakan lahan dan rumah tinggal untuk para transmigran agar lebih bisa meningkatkan kesejahteraanya di lokasi transmigrasi," terangnya.

Andri menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan perhatian khusus bagi para transmigran asal Jakarta dengan memberikan pelatihan atau pembekalan sebelum diberangkatkan, bantuan modal kerja atau usaha, jaminan hidup, serta bantuan pendukung lain.

"Pemprov DKI akan memberikan alat kerja seperti traktor tangan atau hand tractor, bibit tanaman, pupuk, termasuk hewan ternak. Salu Andeang merupakan daerah yang potensial untuk bercocok tanam dan beternak," ungkapnya.

Ia menuturkan, selain perataan penyebaran penduduk, pelaksanaan program transmigrasi bertujuan untuk peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Terpenting, itu menjadi bagian dari upaya untuk menyejahterakan masyarakat," tandasnya. (bjk/fad)
Reaksi: 

Related

news 4249744010475264716

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item