Penyelenggara Pemilu Harus Mampu Atasi Setiap Gangguan



PEMILU Serentak tahun 2019 adalah kali pertama dalam sejarah demokrasi dan ketatanegaraan Indonesia.

Penyelenggara Pemilu Serentak harus memastikan bahwa HAK SUARA Warga Negara Indonesia yang merupakan Hak Konstitusional  tidak pernah boleh diciderai,  dimanipulasi, apalagi dihilangkan sekalipun oleh prosedur administratif.

Penyelenggara Pemilu harus mampu mengatasi setiap gangguan, baik yang berupa insinuasi, intimidasi, sabotase, maupun pendelegitimasian proses dan hasil pemilu oleh pihak manapun.

Penyelenggara wajib bersikap tegas menindak setiap gangguan dengan memberdayakan Sentra GAKKUMDU Polri. Bahkan apabila gangguan tersebut sudah ber-eskalasi mengganggu keamanan, mengancam kerukunan, dan keutuhan bangsa, Penyelenggara Pemilu dan Polri perlu segera meminta peran aktif TNI.

"Pemilih diserukan untuk hadir di TPS guna memenuhi Hak Politiknya secara langsung, umum, bebas, dan rahasia dalam suasana damai dan gembira," kata salah satu penyeru  Fokus Wacana UI
(Alumni Pascasarjana UI) Dhia Prekasha Yoedha dalam rilisnya Selasa (16/4/2019).

Dengan pemenuhan seruan ini, berarti KITA telah mampu menyuguhkan pesta demokrasi terbesar di dunia. Pesta pemilu serentak yang dapat menjadi contoh, serta rujukan yang baik tentang proses berdemokrasi bagi berbagai bangsa di dunia.

"Hal itu didasari oleh kaidah, bahwa Pelayanan terbaik bagi Pemilih merupakan tugas Pemerintahan yang efektif," jelasnya.

Demikianlah garis perjuangan segenap alumni UI yang terhimpun dalam FOKUS WACANA UI.

FOKUS WACANA UI optimis bahwa para pemangku kepentingan pemilu serentak, yakni: Pemilih, Yang Dipilih, dan Penyelenggara Pemilihan akan mengkhidmati Seruan Kemajuan Indonesia ini. Sehingga capaian kemajuan yang telah dicapai sebelumnya akan semakin diperkuat oleh hasil Pemilu Serentak 2019. Dengan demikian, KITA semakin  dekat kepada cita-cita kemerdekaan Indonesia yang sempurna. (nisa)
Reaksi: 

Berita Terkait

POLHUKAM 4842801616376879810

Terbaru






close





Populer

Comments




item