PPLN Mesir Gelar Doa Bersama untuk Pemilu Damai di Mesir



BERTEMPAT di Wisma Duta KBRI Kairo, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Mesir mengadakan acara Doa Bersama dan Pembacaan Ikrar untuk Pemilu Damai di Mesir Selasa (9//4/2019) waktu setempat.

Acara Doa Bersama tersebut dihadiri seluruh perwakilan masyarakat Indonesia di Mesir, perwakilan pendukung Calon 01 dan 02 serta anggota PPLN dan Panwaslu Mesir. Alwi Shihab, utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI yang kebetulan sedang berada di Kairo juga turut berkesempatan menghadiri acara tersebut.

Secara personal, Alwi Shihab memiliki kepedulian terhadap masyarakat Indonesia di Mesir karna pernah merasakan tinggal dan belajar di Mesir lebih dari 15 tahun. Alwi Shihab menyelesaikan pendidikan SMA, S1 dan S2 di Universitas Al Azhar serta memperoleh gelar Doktor dari Universitas Ain Shams, Mesir pada tahun 1990.

Sebagai tokoh alumni Al Azhar, Alwi Shihab mengajak mahasiswa Indonesia di Al Azhar yang merupakan mayoritas WNI di Mesir untuk ikut serta memeriahkan pesta demokrasi dengan mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan.


"Perbedaan adalah sunnahtullah, Tuhan menciptakan perbedaan" ujar Alwi Shihab.

"Untuk menjadi bangsa yg besar kita harus bisa menerima perbedaan termasuk menerima hasil pemilu dg baik" tambah Alwi Shihab.

Dengan demikian Alwi Shihab yakin bahwa pelaksanaan pemilu di Mesir akan berlangsung dengan aman dan damai

Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam sambutannya menekankan kembali pentingnya menghadirkan rasa aman dan damai dalam pelaksanaan pemilu di Mesir yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2019.

Dubes Helmy juga yakin bahwa dengan kedewasaan dan tingkat pendidikan yang tinggi, WNI di Mesir akan mampu mewujudkan dan menjaga perhelatan nasional ini secara aman dan damai. "Apalagi WNI di Mesir ini sebagian besar adalah mahasiswa Al Azhar yang senantiasa menerapkan risalah Al Azhar yang mengedepankan Islam Wasatiyyah yang menjunjung tinggi sikap keterbukaan, perdamaian dan toleransi" ujar Dubes Helmy dengan yakin.

Ketua PPLN Mesir, Amin Samad menyampaikan bahwa saat ini persiapan pemilu di Mesir telah selesai dilakukan dengan Daftar Pemilih Tetap mencapai 7.671. Amin Samad mengharapkan acara Doa Bersama dan Pembacaan Ikrar untuk Pemilu Damai ini dapat menjadi awal yang baik bagi keberhasilan pelaksanaan pemilu 2019 yang lancar dan damai.

Menutup acara tersebut, seluruh peserta sepakat untuk bersama-sama membaca Ikrar Pemilu Damai.

Berikut isi Ikrar Pemilu Damai di Mesir:

I K R A R 

Bismillahirrahmanirrahim. 
Pada hari ini Selasa, tanggal sembilan bulan April tahun dua ribu sembilan belas bertempat di Wisma Duta KBRI Cairo, kami warga negara Republik Indonesia di Mesir, bertekad akan berpartisipasi dalam Pemilu Serentak Tahun 2019, dengan memegang prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER) serta jujur dan adil (JURDIL) dengan berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945.

Kami warga negara Indonesia di Mesir akan menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab dan akan menghindari segala bentuk ujaran kebencian, fitnah SARA dan tindakan lain yang dapat mengganggu dan merusak persatuan dan kesatuan bangsa utamanya masyarakat Indonesai di Mesir, dan bertekad akan mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019 dengan penuh tanggung jawab, dan semangat persatuan serta menghormati perbedaan dan menjunjung tinggi kebhinekaan. 

Kami warga negara Indonesia di Mesir, bertekat akan menjaga kemanan dan ketertiban serta mengawal jalannya proses Pemilu Serentak tahun 2019 di Mesir, dengan senantiasa menghormati ketentuan dan peraturan yang berlaku di Mesir, guna terlaksananya Pemilu Serentak tahun 2019 aman, lancar dan damai.  (fika)
Reaksi: 

Related

news 3707368685743517857

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item