Ratusan Perempuan Jogja Demo Tolak Politik Uang



SEKITAR 100-an perempuan turun jalan menggelar aksi demo, Selasa (9/4/2019). Wanita-wanita yang berasal dari berbagai kalangan dan profesi mulai dari ibu rumah tangga hingga pekerja profesional itu berjalan kaki di Jalan Malioboro.

Mereka mendatangi Gedung DPRD DIY. Di tempat ini, perwakilan pengunjuk rasa beroasi secara bergantian menyuarakan kekhawatiran mereka terhadap jalannya Pemilu  17 April 2019 yang bisa saja diwarnai politik uang, yang dikhawatirkan tidak membawa perubahan bagi Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Kami menyarankan untuk menggunakan hak pilih, tidak golput, tidak money politics. Ini untuk kepentingan kita semua,” kata Sekretaris Wilayah Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) DIY Halimah Ginting.

Sebagai organisasi perempuan, ia menyarankan para calon pemilih khususnya kaum Hawa pada pemilu mendatang memilih caleg perempuan. Alasannya, untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan di parlemen.

Menurutnya, seperti dikutip bernas.id keterwakilan perempuan di lembaga legislatif pada 2014 terjadi kemunduran dibanding pemilu sebelumnya, 2009. Penyebabnya karena pada 2014 banyak caleg perempuan sehingga pemilih merasa kebingungan dengan pilihannya.

“Kami sudah membuat kontrak politik dengan 25 caleg perempuan dari berbagai partai politik. Kami berharap pada 2019 ini meningkat mencapai kuota 30 persen,” tandasnya. (den/mih)
Reaksi: 

Related

linta 8966382551290370440

Jokorner App


Terbaru

Populer

Comments

item