9 Anggota Dewan Pers Periode 2019-2022 Dilantik


SEBANYAK sembilan anggota dewan pers periode 2019-2022 telah dilantik. Salah satu anggota yang terpilih yakni Asep Setiawan, salah satu pimpinan di Metro TV. Ia dilantik bersama unsur perusahaan pers lainnya yakni Ahmad Djauhar, Agung Darmajaya.

Disamping itu, Dewan Pers juga diisi oleh tiga wartawan senior Arif Zulkifli, Hendry Ch Bangun, dan Jamalul Insan. Terakhir, ada tiga anggota yang berasal dari tokoh masyarakat seperti Mohammad Nuh, Hassanein Rais dan Agus Sudibyo.

Adapun para anggota Dewan Pers sepakat menjadikan Mantan Menteri Pendidikan Nasional era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mohammad Nuh, sebagai Ketua Dewan Pers Periode 2019-2022. Usai dikukuhkan, Muhammad Nuh menyampaikan pihaknya ingin mendorong media
memperkuat fungsi edukasi publik.

"Karena ketika masyarakat semakin cerdas dan dewasa, mereka tahu berita yang tidak beres, dia sudah punya self sensoring," kata Mohammad Nuh seperti dikutip dari Antara, Selasa, 21 Mei 2019.

Ia menyebut di bawah kepemimpinannya, Dewan Pers akan memperkuat fungsi media sebagai pencerah. Mengingat saat ini informasi bohong dan hoaks berserakan di tengah masyarakat.

Mohammad Nuh meminta media bisa menjalankan fungsi itu, dengan menitikberatkan pada aspek verifikasi. "Karena saat ini berita itu macam-macam, dan pemikiran macam-macam, ada media yang bisa mencerahkan. Itu untuk memperkuat nasionalisme," ujar dia. (kus)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 7255264939211878981

Terbaru






close





Populer

Comments




item