Tol Cipali Siap Dilalui Pemudik


JALUR Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dinyatakan siap dilalui para pemudik, khususnya yang mengarah ke wilayah timur. Pengelola juga siap mengikuti instruksi Kementerian Perhubungan untuk memberlakukan satu jalur saat terjadi kepadatan pemudik.

"Kita sudah siap termasuk penambahan sarana dan prasarana di jalur maupun rest area," Kata Direktur Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Agung Prasetyo di Kantor PT LMS, Subang, Jawa Barat, Rabu (15/5).

Agung memperkirakan arus mudik pada tahun ini ada kenaikan 12% dari tahun sebelumnya.

"Data kendaraan tahun sebelumnya H+3 mencapai 80.912 kendaraan dan  sekarang 9 Juni 2019 diperkirakan 94.510 kendaraan," ungkapnya.

Di sisi lain, pengelola juga menyiapkan gerbang pembayaran tol tambahan di gerbang Palimanan, dari sebelumnya 12 gardu, menjadi 26 gardu.

Selain itu di gerbang Palimanan pintu normalnya 12 gardu akan ditambah menjadi 26 gardu. Tidak hanya itu pihak LMS menyiapkan serta tempat penjualan 4 ribu kartu elektronik bagi yang kehabisan saldo untuk membayar tol.

Agung mengimbau kepada  pengguna jalan tol untuk selalu memantau lalu lintas di rute yang akan dilaluinya. Ia juga menyarankan pengemudi untuk mengisi BBM diluar tol Cipali terutama pada saat arus mudik dan arus balik nanti agar tidak terjadi penumpukan di dalam rest area.

"Menjelang rest area ada antrian jangan memaksakan masuk tetapi bisa keluar dahulu  karena tarip tidak akan berkurang," imbau Agung.

Selain itu, para pemudik diharapkan memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan fokus pada rambu lalu lintas.

Di sisi lain, Kanit PJR Tol Cipali, AKP Azis Sarifudin meminta pengguna jalan tol untuk memeriksa kendaraannya dan tidak memacu kendaraan lebih dari 100 Km/jam, termasuk bila kondisi badan kurang fit untuk beristirahat.

"Jalannya cukup baik dan lurus sehingga kerap menggoda untuk memacu kendaraan lebih cepat, hingga tak jarang mengakibatkan kecelakaan," jelas Azis dikutip mediaindonesia.

Azis menyebutkan, angka kecelakaan di Tol Cipali pada 2018 lalu sebanyak 1.197 kali sehingga tercatat yang meninggal dunia sebanyak  71 orang, luka berat 243 orang dan ringan 887 orang. (torik)
Reaksi: 

Related

news 5346914408708106361

Jokorner App


Terbaru






close





Populer

Comments









close
















close








item