Darmizal: Prabowo Diluar Kepatutan


KETUA umum Relawan Jokowi (ReJO) sekaligus pendiri partai Demokrat HM Darmizal MS menilai, pernyataan yang diucapkan Prabowo Subianto saat takziah di kediaman presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas Senin malam tidak elok atau diluar kepatutan.

Kala itu, dalam penjelasannya Prabowo mengaitkan adanya dukungan almarhumah Ani Yudhoyono dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 dan 2019.

"Saya merasa pernyataan pak Prabowo sungguh tidak tepat dan diluar kepatutan untuk diucapkan seorang pemimpin. Prabowo seharusnya bisa menjaga perasaan keluarga SBY dan partai Demokrat yang sedang berduka," kata Darmizal Selasa (4/6/2019).

Sikap Prabowo itu, kata Darmizal, menunjukkan lemahnya "sense of belonging" seorang penimpin. Seorang pemimpin, harus mampu menjaga ucapan dan perbuatannya karena ucapan dan perbuatan seorang pemimpin adalah titah dan tauladan bagi para pengikutnya.

"Saya kira sikap kenegawaranan seorang Prabowo dapat menjadi luntur karena ketidak mampuan beliau menjaga lisan yang menyampaikan satu pesan tanpa memahami situasi dan lingkungan. Budaya luhur kita menjelaskan 'dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung'. Artinya kita harus mampu menyesuaikan diri dengan tempat dimana kita berada. Janganlah ujug-ujug, kita ini semua sedang berduka yang sangat dalam, kok bisa-bisanya dia menyampaikan penjelasan seperti itu. Semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, ini bulan Ramadhan yang penuh barokah," jelas Darmizal.

Dikesempatan yang sama, Darmizal selaku pribadi dan keluarga besar RèJo, menyampaikan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Mohon Maaf Lahir Bathin", marilah kembali bersatu membangun negeri.

Sebelumnya, Prabowo menyebut jika almarhumah Ani Yudhoyono mendukung dirinya dalam Piplres 2014 dan 2019.

Menanggapi hal itu SBY pun mengatakan jika pernyataan Ketua umum partai Gerindra itu tidak elok. (jil)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 6605141542129666330

Terbaru






close





Populer

Comments




item