Hari Ini, Puluhan Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat Berkumpul


PULUHAN pendiri dan deklarator partai Demokrat sore nanti dikabakarkan akan menggelar pertemuan dalam rangka mencari solusi penyelamatan partai berlambang Mercy itu.

Pertemuan yang akan digelar pukul 15:00 WIB itu akan dihadiri sekitar 30 hingga 50 orang pendiri, deklarator dan mantan sesepuh pengurus partai Demokrat.

Baca Juga: Ini Kata Profesor Subur Budhisantoso Soal KLB Partai Demokrat

Sumber kuat penaone.com  yang enggan disebut namanya mengatakan, pertemuan akan berlangsung dikawasan Jakarta Selatan.

"Kita akan berkumpul dalam rangka mencari solusi penyelamatan partai Demokrat. Pertemuan ini merupakan bentuk keprihatiann kami atas suara partai Demokrat yang terus turun dalam Pemilu. Bagaimanapun, partai Demokrat harus tetap berjaya tahun 2024 nanti," ujarnya Selasa (18/6/2019).

Baca Juga: Pendiri Demokrat: Yang Dipecat Penumpang Gelap, Bukan Max dan Mubarok

Sebelumnya, kader senior partai yang tergabung dalam Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD) mendesak agar DPP Partai Demokrat menggelar KLB. Mereka adalah Max Sopacua, Ahmad Mubarok dan Ahmad Yahya.

Mereka menuntut penyelenggaraan KLB Demokrat paling lambat 9 September 2019.

"Kami menetapkan momentum puncak GMPPD dengan menyiapkan, mendorong dan melaksanakan suksesnya Kongres Luar Biasa," ucap Anggota GMPPD Max Sopacua ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Max meyakini KLB Demokrat bisa menyelematkan nasib partai. Sebab, terjadi penurunan prestasi partai sejak Pileg diselenggarakan dari 2009 hingga 2019.

Baca Juga: Pengamat: KLB Demokrat Sah-sah Saja Digelar

Tercatat, perolehan suara partai di Pileg 2009 mencapai 21,7 juta. Demokrat menjadi partai pemenang Pileg 2009. Perolehan Demokrat lantas menurun di Pileg 2014 dengan 12,4 juta suara dan menempati peringkat empat.

Puncak penurunan terjadi di 2019. Demokrat hanya mendapat 10,8 juta suara dan menempati peringkat ketujuh di Pileg 2019.

Atas hal itu, DPD dan DPC partai Demokrat pun bereaksi. Seperti Demokrat Jawa Tengah, Riau, Sumut, DKI Jakarta, Sulawesi Utara (Sultra) menolak digelarnya KLB.

Baca Juga: Demokrat Sumut Tolak Kongres Luar Biasa

"Tidak ada alasan untuk tidak mendukung SBY meneruskan kepemimpinannya di partai ini, sehingga tidak setuju dengan wacana [KLB] yang muncul saat ini," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) Muh. Endang Minggu (16/6/2019). (gus/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

POLHUKAM 334032090522383643

Terbaru






close





Populer

Comments




item