Malioboro Uji Coba Tak Dilewati Kendaran Bermotor



HARI ini Jalan Malioboro menjalani ujicoba semi pedestrian dan tak boleh dilewati kendaraan bermotor. Berbagai harapan pun muncul di masa perdana ujicoba yang akan mempengaruhi penilaian kebijakan Pemda DIY kedepan. 

Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto menyebut, penataan Malioboro menjadi salah satu hal penting untuk diwujudkan. 

Terlebih menurut Arif, selama ini alokasi dana yang diberikan untuk melakukan revitalisasi pedestrian mencapai angka milyaran Rupiah. 

“Saat ini kalau dilihat, Malioboro sudah sangat tidak humanis. Saya sangat mendukung kalau ada upaya ujicoba mewujudkan sebagai semi pedestrian agar Malioboro ini semakin humanis kedepan. Humanis dalam artian bisa diakses semua orang termasuk difabel yang selama ini masih sangat kesulitan mengakses di sini, karena selama ini banyak kritik masih eksklusif,” ungkapnya di DPRD DIY Selasa (18/6/2019).

Selain sebagai penegas letak sumbu filosofis, Malioboro juga diketahui selama ini menjadi pusat perekonomian masyarakat dari berbagai lapisan. Inung, sapaan akrab Arif pun berharap agar nantinya evaluasi-evaluasi setelah adanya ujicoba hari ini menjadi bahan pembenahan kedepan agar ikrar semi pedestrian mampu terwujud. 

“Harapan saya jangan hanya ditonjolkan bobotnya di sisi ekonominya saja. Seluruh hasil ujicoba nantinya harus disampaikan terus kepada khalayak agar kita tahu perkembangannya seperti apa dan progres Malioboro ini seperti apa. Secara pribadi anggota dewan saya sangat mendukung ujicoba hari ini,” tandas Inung dikutip krjogja.com.

Inung berharap nantinya Pemda DIY terus melakukan evaluasi dan mengeluarkan rekomendasi formula paling tepat yang akan diterapkan di Malioboro kedepan. 

“Harapannya terus ada evaluasi dan rekomendasi, masyarakat harus tahu progresnya karena selama ini biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk menata Malioboro ini,” pungkasnya. (kil)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 6434655309936047978

Terbaru






close





Populer

Comments




item