Max Sopacua Dukung Hencky Luntungan Maju Calon Ketua umum Partai Demokrat


SALAH satu penggagas Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD) sekaligus anggota Majelis Tinggi partai Demokrat Max Sopacua mendukung siapapun yang akan maju dalam Kongres partai Demokrat termasuk koleganya Hencky Luntungan.

Baca Juga: "Direstui Pendiri", Hencky Luntungan Bakal Maju jadi Ketua umum Partai Demokrat

"Siapa saja mau maju (akan saya dukung)," ujarnya saat dihubungi wartawan Rabu (19/6/2019).

Menurut Max Sopacua, dirinya tidak punya hak untuk melarang setiap kader partai Demokrat yang akan bertarung dalam Kongres. Termasuk, salah satunya Hencky Luntungan yang merupakan salah satu pendiri partai Demokrat.

Baca Juga: Ini Kata Profesor Subur Budhisantoso Soal KLB Partai Demokrat

"Saya tidak punya hak untuk melarang (jadi calon Ketua umum)," ungkapnya.

Dimata Max Sopacua, Hencky Luntungan merupakan orang yang berpegang teguh pada kebenaran serta kosisten untuk membesarkan partai Demokrat. Hencky lanjut Max, selama mendirikan partai selalu bersama-sama pendiri laiinnya meskipun mempunyia akifitas yang berbeda.

"Dia (Hencky Luntungan) adalah sosok pendiri yang konsisten. Sejak awal selalu bersama biarpun kegiatannya lain-lain," tutur Max Sopacua.

Baca Juga: Demokrat Sumut Tolak Kongres Luar Biasa

Maka dari itu, Max Sopacua berharap seluruh pemilik suara dalam Kongres memberika  dukungannya kepada Hencky Luntungan.

"Hengky harus bisa didukung oleh semua komponen pemilik suara (dalam Kongres)," pungkasnya.

Baca Juga: Pengamat: KLB Demokrat Sah-sah Saja Digelar

Hencky Luntungan sendiri telaah menyatakan kesiapannya maju menjadi calon Ketua umum partai Demokrat dalam Kongres.

“Jika diberikan amanah oleh teman-teman partai Demokrat saya siap menjadi Ketua umum menggantikan SBY,” kata Hencky Luntungan saat dihubungi wartawan Rabu (29/5/2019) malam.

Max Sopacua, Ahmad Mubarok dll saat menggelar jumpa pers.
Pekan lalu, pada Kamis (13/6/2019) GMPPD mendorong partai berlambang Mercy itu untuk menggelar KLB. Mereka menuntut penyelenggaraan KLB Demokrat paling lambat 9 September 2019.

Sebagai informasi, sejumlah politikus senior Demokrat tergabung di GMPPD, antara lain Max Sopacua, Ahmad Mubarok, dan Ahmad Yahya.

Baca Juga: Politisi Senior Tuntut KLB Partai Demokrat

"Kami menetapkan momentum puncak GMPPD dengan menyiapkan, mendorong dan melaksanakan suksesnya Kongres Luar Biasa," ucap Anggota GMPPD Max Sopacua ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Max meyakini KLB Demokrat bisa menyelematkan nasib partai. Sebab, terjadi penurunan prestasi partai sejak Pileg diselenggarakan dari 2009 hingga 2019.

Tercatat, perolehan suara partai di Pileg 2009 mencapai 21,7 juta. Demokrat menjadi partai pemenang Pileg 2009. Perolehan Demokrat lantas menurun di Pileg 2014 dengan 12,4 juta suara dan menempati peringkat empat.

Baca Juga: Wanhor Demokrat Minta Semua Kader Tak Bicara KLB

Puncak penurunan terjadi di 2019. Demokrat hanya mendapat 10,8 juta suara dan menempati peringkat ketujuh di Pileg 2019. (anis/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 2411894994508128578

Terbaru






close





Populer

Comments




item