Predikat Yogya Kota Pendidikan Terjaga



PREDIKAT Yogyakarta menjadi kota pendidikan kembali terbukti. Setelah hasil Ujian Nasional (UN) SMA yang memperoleh hasil memuaskan, kini diikuti dengan kesuksesan hasil UN tingkat SMP. 

Sebanyak 13 SMP Negeri di Yogyakarta mampu masuk dalam 100 besar peraih rata-rata Nilai Ujian Nasional (UN) di Seluruh Indonesia.  Ke-13 sekolah tersebut, tersebar di 5 Kabupaten /Kota di DIY. Sedangkan 4 sekolah diantaranya, mampu menembus 10 besar. 

Atas hasil hasil ini, Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana  menyampaikan selamat atas hasil dari anak-anak DIY sehingga membawa harum nama DIY di dunia pendidikan nasional. Namun sukses ini menjadi tantangan bagi Pemda DIY, khususnya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY yang akan menampung para lulusan SMP untuk sekolah di SMA dan SMK yang merupakan kewenangannya.

“Tantangan bagi Disdikpora DIY untuk dapat mempertahankan  dan meningkatkan prestasi  tersebut saat saat sekolah SMP dan SMK.  Jangan sampai ada kebijakan  yang kontra produktif, yang  dapat menurunkan semangat belajar anak di bangku SMA kelak,” harap Yoeke.

Karena itu, Yoeke menyarakan agar sebelum  pengambilan keputusan yang terkait masa depan anak-anak, dapat melibatkan sebanyak banyaknya insan pendidikan diYogyakarta. Selain itu, mempersiapkan sarana prasarana pendidikan baik SDM maupun infrstruktur secara merata di seluruh DIY. 

“Serta secara aktif melakukan pemantauan dalam rangka menjaga mutu kualitas sekolah juga secara merata di seluruh DIY,” ujar Yoeke.

Selain mampu menempatkan 13 sekolah dalam 100 besar, salah satu sekolah, yakni SMPN 5 Yogyakarta, menduduki peringkat pertama, dengan rata-rata nilau UN, 95,26. Salah satu mata pelajaran, yakni matematika, dari 351 siswa yang mengikuti ujian, sebanyak  166 siswa diantaranya, meraih nilai 100.

SMP dari DIY lainnya yang masuk 10 besar, yakni SMPN 4 Pakem Sleman yang menduduki peringkat ketiga, dengan rata-rata nilai UN yakni 94,22, diiukti SMPN 8 Yogyakarta di peringkat kelima dengan rata-rata UN 93,61 dan SMPN `1 Godean  Sleman di peringkat  ketujuh dengan rata-rata 93,02.

Masuknya  salah satu satuan pendidikan di Kota Yograkarta meraih UN terbaik seluruh Indonesia, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Budi Asrori akan dijadikan petunjuk sejauh mana kualitas pendidikan di wilayahnya.  

“Hasil UNBK ini merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan, yang menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di kota Yogyakarta tetap terjaga. Kami berkomitmen  agar Pemerintah Kota Yogyakarta untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan baik dari sisi kognitif, afeksi, maupun psikomotorik, sehingga citra Kota Yogyakarta pada khususnya dan DIY pada umumnya sebagai Kota Pendidikan  atau pelajar dapat dipertahankan," tegas Budi dikutip krjogja.

Komitmen tersebut, ujar Budi, ditunjukkan dengan  alokasi penyediaan kebutuhan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar yang mencukupi. Sehingga potensi yang dimiliki siswa bisa terlihat. 

10 Besar Peringkat Rata-rata UN SMP terbaik
Peringkat             Sekolah                                                                Rata-rata UN      Propinsi
1                              SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA      95.26                    DI Yogyakarta
2                              SMP UNGGULAN AL-YA`LU         94.26                     Jawa Timur
3                              SMP NEGERI 4 PAKEM                   94.22                     DI Yogyakarta
4                               SMP NEGERI  115                            93.78                     DKI Jakarta
5                               SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA      93.61                     DI Yogyakarta
6                              SMP NEGERI 1 SURABAYA            93.52                     Jawa Timur
7                              SMP NEGERI 1 GODEAN                93.02                     DI Yogyakarta
8                              SMP LABSCHOOL KEBAYORAN  92.64                      DKI Jakarta
9                              SMP LABSCHOOL JAKARTA           92.53                     DKI Jakarta
10                            SMP NEGERI 255                             92.06                     DKI Jakarta
Sumber : Diolah dari puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. 

(had)

Reaksi: 

Berita Terkait

daerah 124478065424717809

Terbaru






close





Populer

Comments




item