Angku Datuak Bandaharo Kayo: Darmizal Tepat Dipilih Jadi Menteri Wakili Indonesia Barat


ANGKU Datuak Bandaharo Kayo Tampuak Tangkai Alam Minangkabau di Nagari Tuo Pariangan Batusangkar meminta presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak sembarangan dalam memilih menteri yang akan membantu kinerjanya selama 5 tahun kedepan.

Angku menambahkan, dalam menyusun kabinet, Jokowi harus benar-benar mempunyai banyak pertimbangan dan memikirkan azaz manfaat. Jika salah langkah, tidak menutup kemungkinan Jokowi akan direpotkan sendiri oleh menterinya pilihannya tersebut.

"Unsur kapasitas, kapabilitas, profesionalitas, track record serta asal usul daerah harus menjadi pertimbangan Jokowi dalam memilih menteri," kata Angku kepada wartawan Minggu (7/7/2019).

Lebih lanjut Angku menerangkan, unsur balas budi terhadap seseorang bukan menjadi penentu utama Jokowi dalam memilih menteri. "Tidak mungkin Jokowi hanya memikirkan balas budi pada seseorang lantas dia jadi harus jadi seorang menteri," jelasnya.

Angku Datuak Bandaharo Kayo saat bersalaman dengan presiden Joko Widodo.
Menurut Angku, Jokowi bisa memilih menteri dari perwakilan wilayah yang ada di Indonesia. Misalnya, daerah Sumatera itu menggambarkan mewakili Indonesai barat, Jawa dia perwakilan dari Indonesia tengah. Sedangkan Papua, dia merepresentasikan dari wilayah Indonesia bagian timur.

Untuk mewakili wilayah barat, Angku menyebut sosok pengusaha sekaligus politisi senior HM Darmizal MS sosok yang tepat dipilih Jokowi jadi menteri. Dengan latar belakang pengusaha itu, masih menurut Angku, Darmizal akan mampu membantu presiden Jokowi dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk mewujudkan Indonesia sejahtera.

"Pak Darmizal adalah tokoh minang yang bijaksana dan setia. Kami yakin, jika pak Jokowi berkenan menjadikan Darmizal jadi menteri dia akan amanah dalam menjalankan tugasnya," demikian Angku menjelaskan. (fika/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 1195566343422736471

Terbaru






close





Populer

Comments




item