Ini Cara Sri Mulyani Perangi Hoax


MARAKNYA kabar bohong atau hoax yang beredar mengancam kerukunan masyarakat. Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak stakeholder serta influencer bersama-sama memerangi hoax agar masyarakat tidak salah mendapatkan informasi.

Sri Mulyani mengatakan bawha masyarakat berhak mendapatkan informasi yang berkualitas serta bermutu terutama mengenai kondisi negara. Salah satu yang dilakukan adalah menciptakan keterbukaan informasi dalam menjalankan tugas mengelola keuangan negara.

“Untuk keuangan bisa saja isinya hanya angka. Bisa jadi angka tidak nyambung untuk masyarakat karena mereka malas lihat tabel dan tidak mengerti. Tantangan bukan hanya menyajikan tapi juga mengedukasi. Jadi kita tingkatkan analisa kualitatif juga. Jadi menyajikan dengan lebih mudah,” ujar Sri Mulyani di Aula Mezzanine Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (29/7/2019) kemarin.

Saat ini pemerintah juga tengah melakukan transparansi informasi publik yang bisa memberikan dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat. “Di era sekarang persoalan paling rumit adalah terlalu banyak informasi dan kebanyakan garbage informasi. Kita memang berperang informasi di tengah banyaknya disinformasi,” ungkap Sri Mulyani.

Untuk menangkal lebih banyak penyebaran berita hoax, Sri Mulyani berencana menggandeng stakeholder hingga Youtuber dan Selebgram dalam menyebarkan informasi keuangan negara.

“Jadi bagaimana bedakan hoax dan kredibel itu menjadi peperangan hari ini. Kita ajak stakeholder yang bisa influence itu. Dengan keterbukaan informasi masyarakat bisa dapat informasi yang benar. Ini seperti supermarket informasi di layanan publik jadi penting,” pungkasnya. (pmj/fika)
Reaksi: 

Berita Terkait

PERISTIWA 2434119651440891302

Terbaru






close





Populer

Comments




item