Kerja Senyap Intelijen, Budi Gunawan Diyakini jadi Tokoh Central Rekonsiliasi Jokowi & Prabowo


JENDERAL (purn) Budi Gunawan diyakini menjadi tokoh sentral yang berperan dalam rekonsiliasi antara Presiden Jokowi dan Jenderal (purn) Prabowo Subianto di stasiun MRT Sudirman Sabtu 13 Juli lalu. Namun, selain pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959 itu, ada sejumlah tokoh lain turut berperan dalam pertemuan bersejarah itu.

"Melihat model rekonsiliasi itu sebagai hasil dari operasi intelijen yang klandestin, senyap. Selain banyak tokoh yang terlibat dalam kisah sukses rekonsiliasi, tampaknya Jenderal (purn) Budi Gunawan menjadi tokoh sentral yang berperan besar dalam mewujudkan rekonsiliasi politik tersebut,"  ujar Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJo HM Darmizal Rabu (17/7/2019).

Mantan Wakil Ketua Komisi Pengawas  (Komwas) Partai Demokrat ini menambahkan, buah dari rekonsiliasi yang sukses tersebut dapat menjadi pintu lebar bagi terciptanya kembali kehidupan yang harmoni ditengah masyarakat dalam bingkai demokrasi Pancasila.

Utamanya, kata Darmizal, pasca pemilu gabungan pertama kali dilakukan bangsa Indonesia yang memberi peluang terciptanya polarisasi ditengah masyarakat.

"Semua bisa kembali pada kehidupan yang stabil, tentram dan toleran," jelasnya.

Darmzial menungkapkan, mantan ajudan presiden Megawati Soekarnoputri tersebut telah sukses memperlihatkan kerja intelijen yang professional, senyap dan berdayalaksana.

"Itu yang saya lihat," pungkas alumni UGM Yogyakarta ini. (fadli)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 8953271860290295051

Terbaru






close





Populer

Comments




item