Darmizal: Aktor Rusuh di DPRD Sumbar Harus Ditangkap


KAPOLDA Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrial diminta melakukan proses hukum terhadap para demontran yang bertindak anarkis di kantor DPRD provinsi Sumbar kemarin.

"Hukum harus ditegakkan kepada siapapun tanpa pandang bulu. Bagi adik-adik mahasiswa yang bertindak anarkis dan merusak fasilitas kantor DPRD Sumbar harus diberikan pembinaan sekaligus dilakukan proses hukum agar memberikan efek jera kepadanya," demikian dikatakan Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJO HM Darmizal MS kepada wartawan dari Yogakarta, Kamis (26/9/2019).

Lebih lanjut pria kelahiran Sulit Air, Sumatera Barat ini menjelaskan, dalam mengahadapi para demonstran petugas kepolisian tidak perlu agresif apalagi represif. Karena, lajut Darmizal, adik-adik mahasiswa adalah saudara dan anak-anak kita kita semua.

"Saya kira, kita sependapat sebaiknya dilakukan pendekatan yang persuasif dan humanis. Jika ada aparat yang bertindak represif saat menghadapi para pendemo harus diberikan sanksi di kesatuannya," jelas Darmizal.

Darmizal Ketua umum ReJO
Tak hanya memproses hukum pada pendemo, alumni UGM Yogyakarta ini juga mendesak Kapolda Sumbar agar secepatnya menangkap dan memproses hukum provokator dalam aksi di DPRD Sumbar yang berujung anarkis tersebut.

"Proses hukum yang adil, tidak boleh tajam kebawah dan tumpul dan tumpul keatas. Sipapun orangnya yang menjadi provokator harus ditangkap dan diproses hukum," tegas Darmizal.

Dirinya meminta para demontran selalu waspada terhadap penumpang gelap saat aksi berlangsung. Karena, menurut Darmizal, tidak menutup  kemungkinan penumpang gelap itu menginginkan negara ini tidak aman terutama menjelang pelantikan anggota DPR RI, Presiden dan Wakil Presiden.

"Menyampaikan pendapat dimuka umum sudah diatur dalam Undang-undang. Sampaikanlah dengan elegant, sewajarnya dan hati-hati terhadap penumpang gelap yang ingin membuat kerusuhan," pungkas Darmizal.

Alumni Universitas Eka Sakti Padang ini berharap kepada warga Minang dimanapun berada agar turut berkontribusi dalam pembangunan bersama Pemerintah Pusat untuk Indonesia Maju.

"Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada saudara-saudara kita di Sumbar dan warga Minang, dimanapun berada, agar terlibat aktif dalam pembangunan bersama pemerintah Pusat. Kita orang Minang harus maju. Bahkan yang terdepan, sebagaimana peran tokoh terdahulu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia," demikian pungkas Darmizal.

Diketahui, kemarin Rabu (25/9/2019) mahasiswa di Sumbar menggelar aksi unjuk rasa di kantor DPRD setempat. Dalam aksinya, masa sempat mengobrak-abrik fasilitas digedung dewan tersebut. Bahkan, dalam sebuah video yang beredar di dunia maya terlihat seorang demonstran sempat menurunkan foto Presiden Joko Widodo. (fad)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 1451539704546838249

Terbaru






close





Populer

Comments




item