Relawan Jokowi Apresiasi Kapolri Copot 3 Kapolda


RELAWAN Jokowi atau ReJO mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang merotasi 3 Kapolda sekaligus.

Diketahui, Kapolri melakukan rotasi sejumlah pejabat Kapolda. Dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/2569/IX/KEP/2019 ter tanggal Jumat (27/9/2019), ada 3 Kapolda yang akan dirotasi.

Ketiga Kapolda yang dirotasi adalah Kapolda Papua Irjen Rudolf A. Rodja yang dimutasi jadi Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri dan posisinya diganti oleh Irjen Paulus Waterpau.

Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo dimutasi menjadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN dan posisinya akan diganti oleh Irjen Agung Setya Imam Effendi. Terakhir adalah Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Irianto yang dimutasi jadi Irwil III Irwasum Polri dan posisinya akan diganti Brigjen Merdisyam.

"Langkah Kapolri dalam merotasi 3 Kapolda itu sudah sangat tepat dan tentunya telah disertai pertimbangan yang matang. Disamping perputaran yang lazim sebagai "Tour Of Duty dan penyegaran ditubuh Polri", rotasi itu juga untuk meningkatkan kinerja Polri diwilayah," kata Ketu umum ReJO HM Darmizal Sabtu (28/9/2019).

Darmizal menduga, 3 Kapolda yang dirotasi tersebut sangat berkaitan dengan peristiwa besar yang belakangan ini terjadi.

Presiden Joko Widodo dan Ketua umum ReJO HM Darmizal MS
Untuk Kapolda Riau, lanjut Darmizal, saya menduga karena kasus kebakaran hutan disana. Sedangakan, Kapolda Papua, menurut Darmizal lantaran konflik berkepenjangan disana yang tak kunjung bisa diredam.

"Kalau untuk Kapolda Sultra dugaan saya mengarah pada kasus kematian 2 mahasiswa Universitas Halu Oleo saat melakukan demontrasi di DPRD setempat," ujarnya.

Darmizal meminta 3 Kapolda baru yang akan menempati pos tersebut amanah mejalankan tugas, lakukan pendekatan yang humanis dan persuasif jika ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan masyarakat namun tetap tegas dan mencerahkan.

"Saya ucapkan selamat bertugas untuk Kapolda yang baru. Berprestasilah dan merkyatlah dalam menjalankan tugas untuk mengayomi dan melindungi rakyat. Karena, sesungguhnya Polri adalah milik rakyat," pungkas rekan satu alumni Jokowi di UGM ini. (fika/tan)
Reaksi: 

Berita Terkait

news 6681619247754573105

Terbaru






close





Populer

Comments




item